Sunday, 29 September 2024
HomeHiburanNonton Film Djakarta 1966, Sejarah Supersemar & Tritura, Cek!

Nonton Film Djakarta 1966, Sejarah Supersemar & Tritura, Cek!

Bogordaily.net – Nonton Film Djakarta 1966. Film yang mengulas sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Film ini bukan hanya hiburan tapi juga membeberkan fakta sejarah di masa itu. Sejarah tentang Supersemar, Tritura dan peralihan pemerintahan.

Ber durasi 127 menit, film ini disutradarai oleh Arifin C Noer. Film ini berkisah tentang perjuangan dan terciptanya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) pada tahun 1966.

Melansir dari filmindonesia.or.id, film ini mengungkapkan secara kronologis bagaimana Supersemar terbentuk setelah kejadian G30S PKI pada tahun sebelumnya.

Setelah insiden tersebut, Presiden Soekarno tidak segera menemukan solusi politik yang memuaskan, dan malah dihadapkan dengan demonstrasi mahasiswa KAMI dan KAPPI yang menuntut Tritura, yaitu pembubaran PKI, perombakan kabinet, dan penurunan harga.

Ketika situasi semakin memanas, Soekarno memberikan wewenang kepada Letjen Soeharto untuk memulihkan keamanan negara melalui Supersemar.

Dengan wewenang tersebut, Soeharto memerintahkan pembubaran PKI.

Nonton Film Djakarta 1966 dan Para Pemain

Film Djakarta 1966 memiliki pemeran yang memukau, di antaranya Umar Kayam sebagai Presiden Soekarno, Amoroso Katamsi sebagai Letjen Soeharto.

Selain itu, ada Ikranagara, Cok Simbara, Ratna Riantiarno, A Nugraha, Rachmat Kartolo, Jajang C Noer, Piet Pagau, dan Tizar Purbaya.

Sejarah Tritura

Tritura adalah singkatan dari Tiga Tuntutan Rakyat, dan merupakan sebuah aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa dan rakyat Indonesia pada tahun 1965 sebagai tanggapan atas pemerintahan Presiden Soekarno.

Hari Tritura dianggap sebagai hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia dan juga disebut sebagai hari lahirnya Orde Baru.

Isi dari Tritura adalah tiga tuntutan. Pertama, pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Ke dua, pembersihan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur yang terlibat G30S. Ke tiga, penurunan harga dan perbaikan ekonomi rakyat.

Baca Juga: Eksekutor Pembacokan Pelajar SMK di Pomad Masih Buron, Polisi: Pelaku Tidak Koperatif

Tritura dicetuskan oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), dan kesatuan-kesatuan aksi lainnya yang tergabung dalam Front Pancasila.

Sejarah Tritura berawal pada tahun 1966, ketika masyarakat Indonesia mengalami kesulitan baik dari segi ekonomi maupun politik.

Mahasiswa melakukan aksi demonstrasi di halaman gedung DPR-GR untuk menuntut pemerintah untuk menuruti Tritura.

Setelah beberapa aksi demonstrasi, Presiden Soekarno mengumumkan reshuffle kabinet secara resmi pada 21 Februari 1966.

Namun, Tritura dianggap kurang mendapat tanggapan dari Presiden Soekarno, sehingga demonstrasi-demonstrasi makin gencar dilakukan.

Akhirnya, keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) menandai dibubarkannya PKI, mundurnya Soekarno dari jabatannya sebagai Presiden, serta Suharto yang diminta untuk mengambil tindakan untuk memulihkan keadaan.

Link Nonton

Penasaran seperti apa film yang menceritakan Djakarta 1965 yang penuh dengan sejarah bangsa tersebut?

Anda bisa menyaksikannya secara legal dengan mengakses Tautan di bawah ini

Nonton streaming: https://maxstream.tv/movies/0_p5bxtgmo

Demikian ulasan dan informasi mengenai nonton Film Djakarta 1965 yang menceritakan tentang sejarah bangsa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here