Tuesday, 7 May 2024
HomeKota BogorPaskibra Regina Pacis Peringati HUT ke-30, Ini Sejarah Ekskul Paksina  

Paskibra Regina Pacis Peringati HUT ke-30, Ini Sejarah Ekskul Paksina  

Bogordaily.net  Paskibra Paksa Muda () memperingati hari jadinya ke-30 tahun. Ekstrakulikuler atau ekskul di Sekolah ini memiliki sejarah yang cukup panjang dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya.

Pada Sabtu, 1 April 2023 lalu merupakan hari jadi paskibra Sekolah tersebut. Peringatan HUT ke-30 ekskul dirayakan di Hotel d'Anaya.

Purna Paskibraka Tahun 1993, Dian Widhowaty mengatakan, berdiri sejak 1 April 1993. Arti nama , kata Dian yakni, sayap muda .

mempunyai moto dengan filosofi yang kuat di dalamnya. Berisikan harapan, cita-cita serta keinginan untuk bisa berada di tempat yang lebih tinggi di masa depan menjadi hal yang selalu dipegang teguh oleh pasukan Paksina.

Dian menjelaskan, pendiri Paksina terdiri dari empat orang yakni Ketua OSIS angkatan 92 Bambang Aji, Kepala Sie Bela Negara angkatan 92 Mathias, Kepala Divisi Kepemudaan angkatan 92 Yudha dan ia sendiri selaku angkatan 93.

“Pada tahun 1993 itu, SMA menjadi satu-satunya perwakilan yang berhasil melewati proses seleksi Paskibraka di Kota Bogor. Kemudian, saya menjadi anggota Purna Paskibraka Indonesia tingkat Kodya Bogor,” ujar Dian dalam keterangannya kepada Bogordaily.net, Selasa, 4 April 2023.

Raih Berbagai Prestasi

Dengan dinobatkan menjadi Purna Paskibraka Indonesia tingkat Kodya Bogor kala itu, Dian diberikan legitimasi untuk melatih dan mengembangkan potensi pasukan Paksina.

“Kami berhasil memenangkan kompetisi Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) yang diselenggarakan oleh Purna Paskibraka Indonesia cabang Kodya Bogor di tahun 1993,” paparnya.

Ia menyebut, hal tersebut menjadi tonggak berdirinya Ekskul Paksina hingga sekarang. Kemudian, pasca kemenangan itu semua perangkat yang diperlukan untuk menghadirkan ‘Paksina' baru dibentuk.

“Contohnya seperti perekrutan anggota pasukan, instruktur, dan pembuatan akte pendirian,” jelasnya.

Selama perjalanan tiga dekade ekskul Paksina, prestasi lainnya yang sudah diraih di antaranya terpilih anggota-anggota Paksina  dalam anggota Purna Paskibaraka Indonesia khususnya cabang Bogor.

Selain cabang Bogor, anggota Paksina juga berhasil lolos dua kali di dalam Seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat.

Selain segudang prestasinya, Paksina selalu menyiapkan tim pasukan untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan serta tugas yang berkaitan dengan pengobatan bendera merah putih. Baik dalam upacara rutin, bulanan hingga hari nasional.

“Tugas yang paling penting dalam Ekskul Paksina adalah persiapan pengibaran bendera merah putih saat hari jadi Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Ini selalu menjadi momen besar yang ditunggu-tunggu oleh Paksina,” ungkap Purna Paskibraka Tahun 1993 itu.(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here