Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Siapkan Pos Jaga, Antisipasi Kepadatan di Jalur Puncak

Pemkab Bogor Siapkan Pos Jaga, Antisipasi Kepadatan di Jalur Puncak

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan membuat pos jaga untuk mengantisipasi kepadatan wisatawan dan pemudik di Bogor, pada libur Hari Raya Idul Fitri.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan bekerja sama dengan jajaran Kepolisian, TNI dan Polri untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas maupun wisatawan pada saat libur lebaran.

Baca Juga: Dua Pelajar SMAN 1 Leuwisadeng Dipanggil Seleksi Pelatnas Kejuaraan Asia Junior Championships 2023

“Ya makanya kami kordinasi dan bekerja sama dengan TNI/Polri ini, karena salah satu destinasi di Bogor itu kan Puncak, yang lain mudik ke daerah luar Jawa Barat kan ramai, dan kami pasca H-1 pasti itu gelombang wisatanya luar biasa,” kata Iwan Setiawan.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan operasi dan melakukan pengecekan ke lapangan untuk mempersiapkan penanganan lalu lintas di kawasan Puncak.

Menurutnya, Bogor merupakan salah satu tujuan destinasi wisata untuk masyarakat menghabiskan waktu libur lebaran ataupun mudik bersama keluarga.

“Makanya kami antisipasi ya mungkin nanti seminggu sebelum hari H, ini kami akan melakukan operasi melihat ke lapangan, dengan Kapolres melihat situasional bagaimana penanganan lalu lintas untuk mudik, tetapi Bogot itu bukan tujuan untuk mudik tetapi tujuan wisata,” jelasnya.

Siapkan Pos Jaga di

Ia menambahkan, nantinya akan membuat pos jaga untuk pengaturan lalu lintas, dibantu dengan aparat keamanan dan instansi lainya agar dapat mengantisipasi kepadatan di kawasan Puncak Bogor.

“Mungkin nanti ditempat-tempat wisata kami akan membuat pos jaga, supaya mengatur lalu lintas, dan mungkin dari pihak lain juga, biasanya tiap swasta juga ikut membantu, dan kami juga akan perkuat untuk mengatur rekayasa lalu lintas di Bogor,” ujar Iwan.

Sebelumnya diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewanti-wanti para pemudik untuk waspada saat berkendara di kawasan tempat wisata.

Pasalnya, kata Muhadjir, kawasan tersebut rawan kecelakaan saat arus mudik dan balik.

“Berdasarkan laporan dari Menteri Perhubungan dan dari Bapak Kapolri, ini yang mohon nanti diwaspadai oleh para mereka yang akan mudik bahwa kecelakaan banyak terjadi di tempat-tempat wisata,” kata Muhadjir Effendy.

Selain di kawasan tempat wisata, Muhadjir meminta para pemudik waspada saat berkendara di rute menuju jalur wisata. Kawasan itu, lanjut dia, juga rawan terjadi kecelakaan.***

Albin Pandita

Caption : Plt Bupati Bogor. Iwan Setiawan. Foto : (Albin/Bogordaily.net).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here