Wednesday, 19 June 2024
HomeKabupaten BogorPuluhan Rumah Terdampak Banjir Bandang di Leuwisadeng 

Puluhan Rumah Terdampak Banjir Bandang di Leuwisadeng 

Bogordaily.net – Akibat hujan deras, puluhan rumah terdampak di Desa Sadeng, Kecamatan , Kabupaten Bogor, pada Senin 24 April 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, peristiwa tersebut disebabkan hujan deras dengan intensitas yang lama di wilayah Kecamatan .

Sehingga mengakibatkan meluapnya kali Cinanggung dan merendam 70 rumah yang terdapat di 2 RW di desa Sadeng.

“Diperkirakan dampak hasil kaji cepat BPBD ada sekitar 70 unit rumah warga terdampak,” kata Jalaludin dalam keteranganya, Rabu 26 April 2023.

Ia mengatakan upaya yang telah dilakukan oleh TRC BPBD Kabupaten Bogor yakni telah berkoordinasi dengan aparatur setempat, dan juga melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) Kebencanaan.

“Sudah dilakukan koordinasi dengan aparat desa serta diberikan arahan dan imbauan bila terjadi kembali hujan deras agar melalukan evakuasi,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk situasi saat ini ini banjir sudah mulai surut, Tim BPBD dibantu warga bergotong royong membersihkan jala dan rumah dari lumpur.

“Diperkirakan hasil analisa di lapangan dibutuhkan air bersih dan pembersihan lumpur,” ujar Jalaludin.

Sebelumnya diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat terdapat 9 kejadian bencana melanda Kabupaten Bogor pada Senin 24 April 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaludin mengatakan dari jumlah bencana tersebut, sebanyak 728 jiwa mengungsi.

“Ada 211 KK dengan 728 jiwa mengungsi,” kata Jalaludin dalam keterangannya, Selasa 25 April 2023.

Ia mengatakan, bencana yang terjadi itu yakni angin kencang, tanah longsor dan banjir. Tersebar di 8 wilayah kecamatan, Tamansari, Sukamakmur, Cigudeg, Leuwiliang, Sukajaya, Jasinga dan .

“Total warga terdampak 303 KK dengan 1.072 jiwa,” jelasnya.

Ia menambahkan sejauh ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka dalam bencana yang disebabkan intensitas hujan tinggi itu. Namun, terdapat fasilitas umum ikut terdampak yaitu 2 jembatan putus.

“Untuk bangunan terdampak 2 runah rusak ringan dan 5 rusak sedang,” ungkapnya.(Albin Pandita) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here