Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorPuslabfor Mabes Polri Olah TKP di Rumah Sakit Salak, Selidiki Penyebab Kebakaran

Puslabfor Mabes Polri Olah TKP di Rumah Sakit Salak, Selidiki Penyebab Kebakaran

Bogordaily.net–  Tim gabungan , Denpom, dan Inafis Polresta Bogor Kota, menyelidiki penyebab terjadinya Rumah Sakit (RS) Salak Bogor.  Tim gabungan tersebut menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) Sabtu, 8 April 2023.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, pemeriksaan oleh Tim Puslabfor bertujuan untuk mengetahui penyebab yang terjadi di Rumah Sakit Salak pada Jumat, 7 April 2023 siang.

“Tim sudah meminta keterangan 3 orang saksi yang melihat dan berada di sekitar lokasi saat kejadian,” ujar Kombes Bismo.

Namun, hingga saat ini Bismo belum dapat memastikan penyebab . Sebab masih menunggu hasil oleh Tim Puslabfor, dan hasil dari temuan tersebut nantinya akan didalami lebih lanjut.

“Kami masih memeriksa TKP, asal api, dan kabel-kabel listriknya. Belum ada indikasi penyebabnya,” imbuhnya.

Puslabfor Mabes Polri Olah TKP di Rumah Sakit Salak
Tim gabungan termasuk melakukan olah TKP di lokasi Rumah Sakit Salak Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bismo mengungkapkan, menghanguskan tiga ruangan yang ada di kawasan Rumah Sakit Salak.

Tiga Ruangan Terbakar

Ruangan tersebut yakni Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah), ruang Instalasi farmasi, dan ruang medical check up.

Sementara itu, Komandan Resor Militer (Danrem) 061/SK Brigjen TNI Rudy Saladin mengatakan, hasil dari investigasi ini nantinya akan disampaikan terlebih dahulu kepada pimpinan TNI.

Baca Juga: Kronologi Kebakaran Rumah Sakit Salak, Sempat Terdengar Ledakan

“Hasilnya seperti apa, nanti kita percayakan sama tim investigasi dan akan kami laporkan secara prosedural ke pimpinan terlebih dahulu. Untuk eksposenya (hasilnya), mungkin nanti secara resmi dari Kodam, Kesdam, atau dari Kapendam,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi Rumah Sakit Salak Bogor. Dalam video yang beredar api tampak membumbung tinggi dari salah satu gedung di rumah sakit yang tak jauh dari Istana Bogor tersebut.

Api pertama kali berkobar di bagian atap bangunan apotek Rumah Sakit Salak Jumat, 7 April 2023. Tepatnya di seputaran medical chek up yang kemudian menjalar ke bagian apotek. Api semakin berkobar dan melahap salah satu bangunan di Rumah Sakit Salak. sempat diwarnai beberapa kali dentuman yang berasal dari dalam atau area yang terbakar.

Wali Kota Bogor Bima Arya sempat ke lokasi kejadian. Menurutnya, kebakaran di Rumah Sakit Salak dilaporkan terjadi pukul 13:10 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik di seputaran gedung Medical Check Up. Api kemudian menjalar ke ruangan apotek.

Untuk pasokan obat bagi pasien, menurut Bima Aryaakan diperbantukan dari rumah sakit lain dan Dinas Kesehatan Kota Bogor.

“Kita bisa perbantukan dari RS dan Dinkes. Dan tim Dinkes sekarang juga sudah stand by untuk memastikan jangan sampai pelayanan RS Salak ini terganggu,” sambungnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here