Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorRatusan Sopir Angkot Demo di Balai Kota Bogor, Ini Tuntutannya

Ratusan Sopir Angkot Demo di Balai Kota Bogor, Ini Tuntutannya

Bogordaily.net – Ratusan di Kota Bogor demo, Senin, 17 April 2023. Mereka berunjuk rasa menuntut segera diberlakukannya tarif BisKita.

Para menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah ingkar dengan kesepakatan yang telah dibuat. Sebab, hingga saat ini penumpang BisKita masih menikmati layanan gratis. Hal tersebut dianggap mengurangi pendapatan para .

“Kami tadi meminta kepada wali kota, BisKita ini harus berbayar. Kami meminta hingga nanti berbayar BisKita berhenti beroperasional,” ujar Koordinator aksi, Rusdian usai bertemu dengan wali kota dan dinas terkait di Balai Kota Bogor, Senin 17 April 2023.

Selain menuntut diberlakukannya tarif BisKita, para pun meminta diberlakukannya umur teknis angkot. Semula 15 tahun menjadi 20 tahun.

Selain itu, mereka juga meminta penundaan program penataan angkutan umum hingga pembangunan Jembatan Otista rampung.

Baca Juga: Sopir Angkot di Kota Bogor Mogok Beroperasi

“Kami minta agar saat pembangunan Jembatan Otista tidak menutup jalur angkot. Karena bakal berdampak besar terhadap rute sejumlah angkot dan penumpang,” ujar peserta aksi dalam orasinya di depan Balai Kota Bogor.

Terkait permintaan pemberhentian operasional BisKita, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Eko Prabowo menyebut bukanlah kewenangan dari Pemkot Bogor, melainkan Pemerintah Pusat.

“Ini teman-teman operator pemenang lelang, mengeluarkan investasi lalu disubsidi oleh Pemerintah Pusat. Dan kita juga tahu bahwa Bus nya itu juga kan ngutang. Makanya disepakati tadi jalan terbaik, sambil mengurus tarif BisKita jalan, kami di Dinas Perhubungan, hingga nanti BisKita bertarif, kami tidak akan melakukan penertiban di jalan,” ujarnya.

Berkenaan dengan usulan umur angkot sampai 20 tahun, Eko menjelaskan, bahwa untuk umur 20 tahun adalah ukur untuk bus besar yang berdasarkan undang-undang.

“Untuk umur angkot, kami telah mengambil. kebijakan sesuai dengan undang-undang. Yaitu 10 tahun plus 1 masa periode izin angkot, jadi 15 tahun. Dan yang diminta oleh para itu 20 tahun, menurut undang-undang adalah bus besar,” jelasnya. (Ibnu Galansa) 

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

 

1 COMMENT

  1. Sebenarnya biskita itu bermanfaat bnyk alasan dari faktor positivenya yaitu bis ber ac membuat nyaman walaupun penuh berdiri tapi tidak kepanasan, tertib, teratur dalam perjalanan tidak berhenti banyak seperti angkot yang membuat macet, dan bis yang beroperasi mulai menyamakan kemajuan transportasi yang lebih baik seperti diluar negeri, alangkah baiknya transportasi seperti itu membuat negeri kita kelihatan lebih maju dan teratur. Angkot bisa direlokasikan ke pedalaman daerah yang transportasinya sulit. Memang merugikan banyak beberapa pihak mata pencaharian lainnya tetapi Indonesia harus maju mengikuti jaman seperti diluar negeri yang jalur transportasinya lebih tertib dan tidak semerawut. Saya siy pilih biskita terus beroperasi ya. Maaf ya angkot terlalu banyak sekarang dan bikin macet terus suka gak mau kalah seenaknya aja dijalan kalau berhenti coba angkot saling tertib dan gak bikin macet mungkin biskita tidak ada kali ya hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here