Tuesday, 14 May 2024
HomeKota BogorSampai Tanggal 14, Ayo Belanja ke Balkot Ramadhan Fest 2023!

Sampai Tanggal 14, Ayo Belanja ke Balkot Ramadhan Fest 2023!

Bogordaily.net 2023 secara resmi dibuka Wali Kota Bogor, bersama Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa yang dipusatkan di , Senin 10 April 2023.

Acara yang digelar 10 – 14 April ini diikuti kurang lebih 150 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Bogor yang memeriahkan Balkot Ramadhan Festival 2023.

Selain menyediakan produk UMKM dan kebutuhan pokok, seperti minyak goreng, beras dan yang lainnya.

Dalam kegiatan tersebut disediakan kebutuhan lain seperti sayur mayur maupun buah-buahan dengan harga terjangkau.

“Ini adalah kolaborasi banyak pihak, terima kasih untuk dukungan Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional serta pihak lainnya, sehingga ada stok-stok minyak, beras maupun lainnya seperti sayur atau buah-buahan. Mudah-mudahan bisa menahan inflasi di Kota Bogor yang menjadi target disamping penguatan ketahanan pangan serta mendorong produk-produk dalam negeri, UMKM maupun lainnya menjadi target yang ingin dicapai,” kata .

mengungkapkan, angka Inflasi Kota Bogor (Maret 2023) yaitu 0,15 persen (month on month) dan 5,29 persen untuk (year on year).

Angka tersebut menjadi yang terendah kelima di Jawa Barat. Kewaspadaan terhadap beberapa harga komoditas di lapangan ditekankan .

Karena sangat mungkin menyumbang inflasi lebih tinggi. Diantaranya harga bawang putih, telur ayam ras, daging ayam ras, cabe rawit dan kopi.

Hadirkan Produk dengan Harga Terjangkau

Sementara itu, Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa menambahkan, pelaksanaan kegiatan diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

Karena masyarakat dapat memperoleh produk-produk kebutuhannya dengan harga-harga terjangkau.

“Kegiatan ini pencerminan dalam rangka menjaga stabilitas harga,” ujarnya.

Baca juga : Balkot Ramadan Fest, Disdukcapil Buka Layanan Aktivasi KTP Digital Gratis

Untuk harga kata dia, sudah pasti mengikuti acuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Misalnya saja minyak goreng Minyakita Rp14 ribu dengan stok dipersiapkan selama festival.

Apresiasi disampaikannya kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor karena berkat bimbingan, dukungan dan binaannya keamanan pangan segar di Kota Bogor berjalan dengan baik.

Pada pembukaan kegiatan diserahkan secara simbolis bantuan cadangan pangan pemerintah kepada kelompok penerima manfaat oleh I Ketut Astawa kepada Wali Kota Bogor didampingi Dinas Sosial Kota Bogor, Bulog Cabang Cianjur dan Kantor Pos Cabang Utama Bogor.

Selain jajaran Pemkot Bogor dan Forkopimda Kota Bogor, kegiatan dihadiri Direktur P3DN Ditjen Perdagangan dalam Negeri, Krisna Ariza, Kepala Cabang Bank BJB Kota Bogor, M Aditya Wiradharma dan para pihak sponsor.

Di awal pembukaan disampaikan hasil pengujian keamanan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) yang beredar di pasar tradisional dan pasar modern oleh Direktur Pemasaran Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, sehingga produk yang dijual sudah teruji.

Pameran lukisan di Paseban Suradipati, busana ramadan dan gerai layanan publik, seperti kesehatan dan pelayanan SIM Keliling hingga penukaran uang baru bagi nasabah bank BJB turut memeriahkan festival. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here