Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSejarah Alun-Alun Kota Bogor, Dulu Taman Wihelmina Tempat Nongkrongnya Noni-Noni Belanda

Sejarah Alun-Alun Kota Bogor, Dulu Taman Wihelmina Tempat Nongkrongnya Noni-Noni Belanda

Bogordaily.net–  Alun-Alun Kota Bogor berikut bisa disimak bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang salah satu destinasi wisata di Kota Hujan. Alun-Alun Kota Bogor lokasinya di Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor atau tak jauh dari .

Alun-Alun Kota Bogor diresmikan Pemerintah Kota Bogor pada Jumat, 17 Desember 2021. Peresmiannya kala itu langsung dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Berdiri di atas tanah 1,7 hektar, keberadaannya saat ini menjadi salah satu alternatif wisata murah meriah bagi warga. Selain bisa untuk berolahraga, tempat ini juga menyediakan ruang bermain anak yang memadai.

Sebelum menjadi alun-alun, ini adalah tempat wisata Taman Topi yang kini telah pindah ke kaki Gunung Salak. Tepatnya di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Alun-Alun Kota Bogor

Wali Kota Bogor, Bima Arya saat peresmian mengatakan keberadaan Alun-Alun Kota Bogor menandakan bersatunya kembali dua elemen bersejarah yang sudah satu abad lebih terpisah. Dua elemen bersejarah itu adalah dengan Taman Wilhelmina yang kemudian diberi nama Alun-Alun Kota Bogor.

Alun-Alun Kota Bogor diawali pada masa kolonial Belanda. Saat itu alun-alun yang bersebelahan dengan memiliki nama Wihelmina Park. Dikenal pula dengan Taman Wihelmina. Nama tersebut sengaja diambil dari nama Ratu Belanda saat itu, demikian dilansir Indozone.com.

Baca Juga: Alun-Alun Kota Bogor: Lokasi dan Fasilitas

Taman itu dulu dibuat demi menghormati Putri Wilhelmina, sang Ratu Belanda yang berkuasa pada tahun 1890-1948.

Untuk menunjang aktivitas warga, taman dibangun dekat dengan stasiun kereta api dan jalan umum pada tahun 1881. Wihelmina Park kala itu menjadi tempat nongkrong dan rekreasi bagi noni-noni Belanda juga para pendatang dari Eropa.

Setelah masa kemerdekaan, Taman Wihelmina atau Kebon Kembang diubah menjadi terminal pada tahun 1970. Namun terminal tak bertahan lama hingga diubah lagi menjadi Taman Ade Irma Suryani.

Selanjutnya pada 1990 berubah menjadi Taman Topi. Tempat ini jadi destinasi wisata warga Bogor dan sekitarnya. Seiring pembangunan Alun-Alun Kota Bogor, Taman Topi pindah ke Tamansari, Kabupaten Bogor.

Kini Alun-Alun Kota Bogor merupakan salah satu tempat wisata murah meriah warga Bogor dan sekitarnya.

Alun-alun berada tepat di tengah Kota Bogor tidak jauh dari Istana Bogor. Desainnya sangat unik dan di sekelilingnya ada banyak bangunan bersejarah.

Dengan konsep ruang terbuka ala Eropa, Alun-Alun Kota Bogor memanjakan pengunjung untuk beristirahat, bersantai hingga berolahraga dan bermain.

Demikian ulasan tentang Alun-Alun Kota Bogor dari masa ke masa.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi youTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here