Monday, 6 May 2024
HomeNasionalSalat Lailatul Qadar: Bacaan Niat, Tata Cara, dan Keutamaan

Salat Lailatul Qadar: Bacaan Niat, Tata Cara, dan Keutamaan

Bogordaily.net Salat merupakan salah satu salat sunnah. Berikut ini penjelasan dan tata cara pelaksanaan salat lailatul qadar.

Salah satu keistimewaan di bulan Ramadan adalah adanya malam . Sebab, malam dianggap sebagai malam yang lebih utama daripada seribu bulan.

Umat muslim sebaiknya mengisi malam dengan berbagai amalan. Misalnya, melaksanakan salat .

Melansir NU Online, terkait kapan malam , tidak ada hadits atau firman dalam Al-Quran mengenai waktu pastinya. Akan tetapi, diyakini pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan menjadi malam penuh keberkahan. Dan di antara malam tersebut, ada satu malam yang istimewa yakni .

Salat pada malam dapat dimungkinkan karena setiap orang akan melalui yang terdapat pada salah satu malam di 10 akhir Ramadan.

Bacaan Niat dan Tata Cara Salat

“Ushallî sunnatan fî lailatil qadri rak'âtaini mustaqbilal qiblati lillâhi ta'âlâ. Allâhu Akbar.”

Artinya: “Saya niat salat sunnah Lailatul Qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Taala. Allah Maha Besar.”

Salat sunnah tersebut dilakukan sebanyak dua rakaat. Untuk waktu pelaksanaan bisa dimulai dari setelah Isya hingga menjelang waktu salat Subuh. Berikut tata cara serta surat, dan doa yang dianjurkan untuk dibaca:

Surat Al-Fatihah pada rakaat pertama

Setelah Surat Al-Fatihah pada rakaat pertama, membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali

Surat Al-Fatihah pada rakaat kedua

Setelah Surat Al-Fatihah pada rakaat kedua, membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali

Setelah selesai salam lalu membaca istighfar sebanyak 70 kali

Berikut ini lafal istighfar setelah salam:

Astaghfirullāha wa atūbu ilayhi  Artinya: “Aku memohon ampunan Allah dan aku bertobat kepada-Nya.”

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) dalam tulisan “Apakah Ada Shalat Malam Lailatul Qadar” mengatakan, anjuran untuk melaksanakan salat sunnah malam lailatul qadar ditemukan di bab keutamaan malam lailatul qadar kitab nasihat Durratun Nasihin fil Wa‘zhi wal Irsyad.

Dari riwayat kitab Durratun Nashihin, orang yang melakukan salat sunnah tersebut akan diampuni dan juga kedua orang tuanya ketika ia bangun dari duduknya.

Dalam riwayat itu juga dijelaskan Allah mengutus malaikat ke surga untuk menanam pohonan, membangun istana, dan menggali sungai di surga bagi orang yang melakukan salat sunnah lailatul qadar.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here