Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorSungai Cidurian Meluap, Puluhan Rumah di Jasinga Terendam Banjir 

Sungai Cidurian Meluap, Puluhan Rumah di Jasinga Terendam Banjir 

Bogordaily.net – Puluhan rumah warga di terendam akibat hujan deras meluap, Senin, 24 April 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik , Jalaludin mengatakan, peristiwa tersebut disebabkan hujan deras dengan intensitas yang lama di wilayah Kecamatan .

Sehingga, mengakibatkan meluapnya dan merendam sebagian rumah dengan ketinggian rata-rata 30 cm sampai 60 cm.

“Hasil asessment dan kaji cepat tim BPBD ada sekitar 45 unit rumah terendam , dan ratusan keluarga mengungsi,” kata Jalaludin kepada Bogordaily.net, Selasa, 25 April 2023.

45 Rumah Terendam

Kata dia dari 45 rumah yang teredam terdapat di tiga kampung yakni, Kampung Parung Sapi sebanyak 28 rumah, Kampung Peuteuy, 3 Rumah, dan juga Kampung Kalong Dagul sebanyak 17 rumah.

Baca juga : Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa, 25 April 2023

“Untuk sementara korban mengungsi 8 KK 17 jiwa, mengungsi ketempat sodara di alamat yang sama untuk data korban pengungsi masih dalam proses pendataan,” jelasnya.

Selain rumah warga kata Jalal, juga mengakibatkan dua jembatan penghubung terputus dan membuat kondisi terisolir. Sementara untuk jalur alternatif lain masih belum bisa di lalui.

“Ada 2 jembatan terbawa arus air cidurian, 1 jembatan penghubung kampung Parungsapi dan Kampung Silogak dan 1 jembatan penghubung kampung Petey dan Kampung Kalong Dagul,” ujar Jalaludin.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat desa serta diberikan arahan dan himbauan bila mana terjadi kembali hujan deras, agar melakukan evakuasi mandiri.

“Untuk saat ini sudah mulai surut dan saat ini butuh penanganan segera dari pihak terkait, agar bilamana cuaca buruk tidak terjadi lebih parah,” ungkapnya kepada Bogordaily.net. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here