Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorTarif BisKita Dipatok Rp4.000 Sekali Jalan, Berlaku Minggu Depan

Tarif BisKita Dipatok Rp4.000 Sekali Jalan, Berlaku Minggu Depan

Bogordaily.net– Tarif telah ditetapkan sebesar Rp4.000. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor mengumumkan tarif BisKita untuk setiap kali perjalanan di seluruh koridor.

Hal tersebut berdasarkan keputusan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Tarif tersebut telah ditetapkan dan segera diberlakukan.

Kepala , Eko Prabowo mengatakan, penerapan tarif sudah sesuai dengan keputusan dari Kemenhub.

“Kami dapat undangan dari BPTJ tentang pemberlakukan penetapan tarif . BPTJ menjelaskan, bahwa Kemenhub sudah menyetujui dan menetapkan tarif Rp4.000 untuk setiap kali perjalanan,” ungkap Eko, Sabtu 1 April 2023.

Baca Juga: Dishub Kota Bogor Jalankan Rerouting untuk Penataan Angkot

Sebelum disetujui dan ditetapkan, diusulkan saat itu tarifnya Rp5.500. Namun, BPTJ menyebut tarif tersebut harus ada kajian ATP/WTP. Akhirnya ditetapkan besaran tarifnya Rp4.000 di Kota Bogor.

Namun demikian, lanjut pria yang akrab disapa Danjen ini, sebelum diberlakukan, akan ada sosialisasi.

“Tidak bisa langsung diberlakukan, karena secara aturan harus ada tahapan sosialisasi. Selama seminggu akan dilakukan sosialisasi. Bisa melalui media sosial, media cetak dan elektronik, FGD, mahasiswa, pelajar dan lainnya. Nanti pihak BPTJ sebagai sumber kegiatan sosialisasi tersebut,” jelasnya.

Setelah dilakukan sosialisasi selama satu minggu, finalisasinya akan diberlakukan tarif Rp4.000 tersebut.

“Nanti setelah sosialisasi akan dilakukan rapat finalisasi untuk diberlakukan tarif. Waktunya sekitar seminggu, tanggal pemberlakukannya nanti nunggu hasil rapat bersama,” paparnya.

Terkait pemberlakukan tarif Rp4.000 untuk di Kota Bogor, kata Danjen, dari Kemenhub melalui BPTJ, dana subsidi itu akan dikembalikan kepada Pemkot Bogor.

Pada tahun 2023 ini, proyeksi dana tersebut untuk mendukung program BTS di koridor 3 dan 4 yang akan diaktifkan di tahun ini.

“Target untuk kolidor 3 dan 4 akan direalisasikan di tahun ini. Diharapkan, dengan diterapkannya tarif Rp4.000, seluruh masyarakat pengguna sudah mengetahui pemberlakukan tarif tersebut,” pungkasnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here