Monday, 29 April 2024
HomeNasionalTinjau Tol Cisumdawu, Hasbullah Rahmad Berharap Bisa Dilalui Saat Mudik

Tinjau Tol Cisumdawu, Hasbullah Rahmad Berharap Bisa Dilalui Saat Mudik

Bogordaily.net – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, meninjau proyek strategis nasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), pada Kamis 6 April 2023.

Ia berharap Tol tersebut bisa dilalui kendaraan pada saat arus mudik lebaran 2023.

Selain meninjau proyek . Hasbullah beserta jajaran pansus LKPJ turut meninjau bandar udara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat.

Yang nantinya akan terintegrasi dengan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

“Memang tadinya harapan kita itu di arus mudik lebaran itu bisa dipakai, dan mudah mudahan beberapa spot bisa dipakai walaupun memang belum semuanya nyambung,” kata kepada Bogordaily.net, Kamis 6 April 2023.

Kata dia, ada beberapa kendala dalam proyek tersebut, seperti jembatan yang belum selesai di beberapa titik, serta jembatan yang belum dibangun.

Proyek Diharapkan Bisa Membangkitkan Aktivitas Bandara Kertajati

Proyek tersebut diharapkan juga dapat membangkitkan aktivitas bandara Kertajati, karena wilayahnya yang cukup berdekatan dengan Ibukota Jawa Barat.

“Tapi harapan kita tentang, ini kalau bisa beres itu bisa membangkitkan bandar udara Kertajati Majalengka, karena dari Bandung ke Kertajati itu cuma kurang lebih satu jam atau sekitar 60 kilometer lebih,” jelasnya.

Baca Juga: Kode Voucher Shopee 7 April 2023, Klaim dan Nikmati Belaja Hemat

Ia berharap, pembangunan proyek ini dapat segera rampung, dan bisa dipakai untuk membantu kelancaran arus mudik tahun 2023.

“Kalau rampung semua belum, kemungkinan abis lebaran Idul Adha, tetapi kita berharap untuk membantu arus mudik lebaran Idul fitri beberapa jalur bisa di pake arus mudik,” ujar

Untuk seksi 4-5 kata dia, tengah dikebut pekerjaannya, sementara untuk seksi 6 sudah terhubung menuju Tol Cipali, dan untuk seksi 1-3 sudah rampung.

Kementerian PUPR Pastikan Tol Bisa Dilalui Saat Mudik 

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa dilalui saat mudik lebaran.

Nantinya, baru Seksi 1-3 dan Seksi 4-6 yang dibuka secara fungsional pada 15 April 2023.

Namun demikian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, sebenarnya ada permasalahan teknis pada khususnya pada Seksi 5.

“Jadi, ada masalah teknis di sana. Masalah tanah bergerak,” ujarnya yang dikutip, Kamis 6 April 2023.

Akan tetapi, kekinian Hedy terus memonitor pergerakan tanah di Tol Cisumdawu tersebut, setelah itu, baru dilakukan evaluasi dan tindak lanjutnya. Kendati begitu, dia belum bisa memastikan kapan masalah ini dapat rampung

“Kita lihat apakah dia sudah melandai, berhenti, atau masih bergerak. Kalau masih bergerak kan kita gak tahu. Dan juga beberapa titik kan kita masih melakukan tindakan,” jelasnya.

Selanjutnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, meski ada masalah, tetapi tidak akan mengganggu operasional Tol Cisumdawu saat mudik lebaran nanti.

Menurut dia, kekinian Kementerian PUPR telah memiliki solusi terhadap masalah itu. Salah satunya, membuat jembatan di 2 lajur jalan, sehingga kemungkinan dari 4 lajur jalan hanya 2 lajur yang selesai ditangani.

“Insha Allah (mudik lancar). Yang jelas nanti janjinya tanggal 14 atau 15 (April) itu sudah bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Cipali,” ujar Basuki.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here