Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaTips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Apa Saja? yuk Coba Cara Ini

Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Apa Saja? yuk Coba Cara Ini

Bogordaily.net–  mengecilkan berikut bisa kamu coba jika ingin memiliki tubuh lebih ideal. Apa saja mengecilkan ? Simak ulasannya berikut ini ya.

bisa disebabkan berbagai hal. Misalnya genetik hingga gaya hidup. Pola makan dengan gizi seimbang tidak cukup untuk mencegah . Kamu perlu mengimbanginya dengan rutin berolahraga untuk membakar lemak perut. Berikut mengecilkan sebagaimana dilansir dari Hellosehat.com:

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga merupakan cara mengecilkan perut yang mungkin tidak asing lagi bagi Kamu. Biasanya lemak visceral akan menumpuk pada orang yang malas berolahraga, menyebabkan perut membesar bahkan bergelambir. Usahakan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit dalam sehari. Misalnya berjalan, bersepeda, berenang, joging, dan senam.

Memperbanyak asupan protein dan serat

Kamu bisa mulai memperbanyak makanan dengan kandungan protein dan serat untuk menghilangkan . Dalam sistem pencernaan, serat diproses dalam waktu tidak sebentar sehingga membantu membuat kenyang yang lebih lama. Alhasil, kamu bisa mengurangi asupan kalori. Tak hanya itu, serat juga menjaga fungsi sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut kembung dan membuat perut tampak kecil.

Baca Juga: Kode Promo Gojek: GoCar dan GoRide April 2023, Cek di Sini

Batasi karbohidrat olahan

Kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat sederhana seperti gula. Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh, tapi tidak semua jenis karbohidrat baik untuk dikonsumsi. Contoh, konsumsi gula terlalu banyak dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, bahkan menyebabkan diabetes. Kamu bisa makan sumber karbohidrat kompleks yang sehat bagi tubuh, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Coba latihan ketahanan

Latihan ketahanan atau resistance training merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang paling populer di masyarakat. Jenis olahraga yang satu ini dipercaya cocok untuk orang yang ingin mengurangi kalori, tetapi tidak ingin kehilangan massa otot. Meningkatkan massa otot juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori meski sedang istirahat. Jenis latihan ketahanan yang bisa Anda coba seperti angkat beban, squat, atau lunges.

Penuhi kebutuhan cairan

Penuhi kebutuhan cairan. Konsumsi cairan tidak hanya soal minum air putih. Sumber cairan yang dibutuhkan tubuh bisa Anda dapatkan melalui makanan yang memiliki kandungan air seperti sup, jus buah, atau smoothies. Mengonsumsi buah-buahan dan smoothies saat sarapan tak hanya menghilangkan , tapi juga membantu melancarkan pencernaan agar tidak sembelit.

Tidur yang cukup

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, memastikan kebutuhan tidur tercukupi juga termasuk salah satu cara mengecilkan perut. Penelitian dari jurnal Metabolism menyebutkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Hal inilah dapat membuat Anda merasa lebih lapar, terutama di malam hari saat seharusnya tubuh beristirahat.

Meningkatkan asupan lemak sehat

Lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh sering disebut dengan lemak sehat karena lemak ini baik untuk tubuh. Mengutamakan sumber lemak sehat dalam menu makanan Anda sehari-hari juga merupakan cara mengecilkan perut yang cukup mudah dilakukan.

Sumber asam lemak tak jenuh yang baik untuk mengatasi perut buncit misalnya minyak zaitun, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak wijen, dan selai kacang tanpa gula tambahan.

Mengunyah makanan pelan-pelan

Makan terlalu cepat membuat otak tidak mendapatkan waktu untuk mengirim sinyal rasa kenyang ke tubuh. Mengunyah makanan secara perlahan bisa membantu mencegah perut kembung. Bila makanan tidak dikunyah dengan benar, tubuh pun akan kesulitan mencernanya dan kamu berisiko mengalami masalah pencernaan seperti sembelit.

Gaya hidup sehat

Kamu harus konsisten menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, serta rutin berolahraga. Para ahli menekankan bahwa gaya hidup, terutama olahraga, merupakan cara terbaik melawan perut buncit. Bila kamu kesulitan merancang pola makan yang tepat, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membantu mendapatkan menu makanan yang sesuai.

Mengelola stres

Tubuh memproduksi banyak hormon kortisol dalam darah saat kamu stres. Saat itu terjadi, kamu biasanya akan lebih sulit mengendalikan nafsu makan maupun mengatur aktivitas dengan baik. Kamu jadi melakukan emotional eating hingga mengakibatkan kenaikan berat badan dengan cepat tetapi tidak disertai olahraga teratur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here