Sunday, 28 April 2024
HomeEkonomi4 Tips Menabung, Demi Masa Depan Cerah

4 Tips Menabung, Demi Masa Depan Cerah

Bogordaily.net – Ada beberapa yang bisa kamu ikuti. Menabung merupakan salah satu kegiatan yang bisa melatih untuk mengatur bahkan menyiapkan dana cadangan di masa depan nanti.

Namun, terkadang memulai kebiasaan menabung tidak semudah kelihatannya. Banyak sekali godaan yang akan menghampiri ketika kita mencoba Konsisten untuk menabung.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa konsisten menabung sesuai dengan target dan jangka waktu yang kamu tentukan. Yuk terapkan!

1. Buat tujuan yang jelas

Sebelum mulai menabung, kamu harus membuat tujuan yang jelas yang ingin kamu raih ketika berhasil menabung.

Misalnya, kamu ingin menabung untuk membeli handphone baru atau menabung dengan nominal tertentu untuk dana darurat di masa depan. Buatlah tujuan yang jelas dan bisa kamu perkirakan waktunya.

2. Tentukan target dan alokasi dana

Baca juga : Waspada 3 Bahaya Makan Daging Mentah, Pencinta Sushi Simak!

Setelah kamu menentukan tujuan yang jelas, langkah selanjutnya yang perlu kamu tentukan adalah target dan alokasi dana.

Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menabung, berapa jumlah uang yang harus kamu tabung, apakah kamu menabung setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan.

3. Sisihkan di awal, jangan menunggu sisa

Ketika kamu baru gajian atau mendapat uang, langsung sisihkan sebagian uang tersebut untuk ditabung, jangan menunggu sisanya.

Kita tidak pernah tahu godaan apa yang akan dihadapi jika kita tidak segera menyisihkan uang di awal.

4. Kurangi gaya hidup konsumtif

Agar kegiatan menabung kamu bisa sukses, kamu harus bisa menahan diri agar tidak cepat kalap ketika melihat diskon atau potongan harga yang menggiurkan.

Hindari perilaku atau kebiasaan hidup konsumtif, fokuslah membeli barang yang kamu perlukan, bukan yang kamu inginkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here