Saturday, 27 April 2024
HomeNasional6 Amalan yang Dilakukan pada Hari Jumat untuk Umat Muslim

6 Amalan yang Dilakukan pada Hari Jumat untuk Umat Muslim

Bogordaily.net – Ada tujuh amalan yang bagus dilakukan oleh umat muslim di . Sebab keutamaan terasa lebih luar biasa dibanding hari biasanya.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga sangat memuliakan , begitu banyak hadis yang menjelaskan terkait hal itu. Rasulullah bersabda:

Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah . Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di .” (H.R Muslim).

Berbagai amalan sunnah dan wajib dijalankan oleh umat Islam demi memperoleh berkah tersendiri. Terdapat berkah pahala berlipat dibanding hari lain, serta penghapusan dosa atas keburukan sebelumnya.

Amalan

Berikut adalah 6 amalan yang diutamakan pada , wajib diketahui umat Islam yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Mandi Jumat

Amalan paling mudah dan berbuah manis ialah mandi Jumat . Hukumnya menjadi sunnah bagi siapa saja yang hendak menunaikan salat Jumat, baik laki-laki maupun perempuan yang turut serta.

Dilansir dari NU online, sedangkan ketentuan hukum ini menjadi berbeda bila ia memilih salat Zuhur di rumah, maka tidak lagi disunnahkan baginya.

Hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut:

Barangsiapa yang mendatangi salat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.”

Hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut: “Barangsiapa yang mendatangi salat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.”

Hadis yang lain menegaskan betapa mulianya hamba yang menjalankan salat Jumat , akan dihapus dosa selama satu tahun.

“Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jum'atan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

2. Sedekah

Berbagi merupakan ajaran Islam yang membahagiakan dan cukup mudah. Baik dalam bentuk harta maupun bantuan. Mengutip dari Liputan6, diutamakan untuk lebih banyak melakukan sedekah dibandingkan hari lainnya.

Ibnu Qayyim mengatakan:

Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya“.

Hadits dari Ka'ab menjelaskan:

Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

3. Membaca Al Kahfi

Amalan keutamaan berikutnya dengan membaca surah Al-Kahfi. Hal ini kerap kali diingatkan kembali supaya umat Islam dapat istiqomah menjaga bacaan surah yang banyak menyinggung hari kematian ini.

Rasulullah bersabda:

Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada , maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jum'at .” Hadits diriwayatkan dan dishahihkan oleh Imam al-Hakim.

4. Perbanyak Baca Shalawat

Memperbanyak bacaan shalawat menjadi keutamaan hari Jumat berikutnya. Amalan ini bisa Anda mulai sejak Kamis petang hingga berakhirnya Jumat tengah malam.

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi).

5. Banyak Berdoa

Selain memperbanyak shalawat Nabi, alangkah baiknya didampingi dengan banyak memanjatkan doa pada Allah SWT sebagai keutamaan hari Jumat . Sebab terdapat harapan yang mudah dikabulkan, bertepatan dengan waktu ijabah.

Meski waktu itu dirahasiakan, antara satu kali 24 jam di hari Jumat . Sehingga alangkah baiknya selalu berdoa setiap waktu, untuk memperoleh waktu ijabah tersebut.

Baca juga : 5 Amalan yang Dikerjaakan di Hari Jumat Pada Bulan Ramadan

“Pada hari ini (Jumat ) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.” (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I'anah at-Thalibin, juz.2, hal. 63, Dar Al-Fikr).

6. Memperbanyak Berbuat Baik

Salah satu keistimewaan hari Jumat ialah dilipatgandakan pahala kebaikan sepuluh kali lipat dibanding hari lain. Hal ini diperuntukkan bagi siapa saja yang melakukan perbuatan baik.

Syekh Abu Bakr bin Syatha berkata:

“Ucapan Syekh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat ; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi', beliau berkata, Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya).

Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” (Syaikh Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I'anah At-Thalibin, juz 2, hal. 104, Dar Al-Fikr).

7. Membaca Surat Yasin

Keutamaan hari Jumat selanjutnya bisa diisi dengan amalan membaca surat Yasin. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Abu Daud sebagai berikut:

“Barang siapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Al-Manawi menegaskan bahwa, hadis ini tergolong lemah, sebab sanadnya terputus. Meski begitu, masih ada yang memercayai sebagai amalan yang baik di hari Jumat , berkaitan dengan keutamaan amal (fadlail al-a'mal).

Itulah beberapa amalan keutamaan hari Jumat yang bisa dijalankan oleh seluruh umat Islam, supaya lebih mendekatkan diri pada Allah. Memperoleh berkah yang berlipat dan pengampunan dosa, dibanding hari biasanya.

Nah demikian amalan yang bagus dilakukan oleh umat muslim di hari Jumat.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here