Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorKali Pesanggarahan Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir di Bojonggede Bogor

Kali Pesanggarahan Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir di Bojonggede Bogor

Bogordaily.net – Akibat hujan deras, kali pesanggarahan meluap, puluhan rumah di Kampung Parakan Jati RT. 05 dan 03, Rw 03, Desa Susukan, Kecamatan , Kabupaten Bogor terendam pada Rabu 3 Mei 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, peristiwa tersebut diakibatkan hujan deras dalam waktu yang cukup lama di wilayah Kecamatan .

Baca Juga: ATM Bank Sampah di Kota Bogor Diapresiasi Wakil Walikota, Dedie Rachim

Sehingga terdapat penyumbatan pada aliran Kali Pesanggrahan yang mengakibatkan aliran kali meluap ke pemukiman warga.

“Ada 50 unit rumah dan 125 kk terdampak akibat ,” kata Jalaludin kepada Bogordaily.net, Kamis 4 Mei 2023.

Kata Jalal, dari 50 unit rumah yang terdampak tersebut, 40 unit berada di RT 05 sebanyak 90 Jiwa. Dan 10 unit rumah berada di Rt 03 ada sebanyak 35 jiwa.

Ia mengatakan, tersebut hanyaselewat dan pihaknya juga telah melakukan pendataan serts memberi himbauan ke warga sesuai SOP kebencanaan.

hanya lewat, tidak ada kerusakan pada bangunan yang terdampak dan kami telah berkoordinasi dengan aparat setempat,” jelasnya.

Pihak TRC BPBD Kabupaten Bogor dibantu aparat setempat, dan masyarakat juga secara maksimal telah melakukan penagangan dilokasi banjir.

Menurutnya, untuk saat ini aliran berangsur surut, namun sampah masih menyumbat pada aliran kali.

“Kondisi sampah masih menyumbat adapun beberapa pohon besar yang berada di aliran kali. Apabila hujan deras kembali dikhawatirkan banjir bisa meningkat lagi,” ujarnya.

Sementara itu peristiwa banjir juga turut melanda Kampung Waringin Jaya, Kecamatan , Kabupaten Bogor, pada Rabu 3 Mei 2023.

Jalaludin mengatakan, sebanyak 43 unit rumah warga terendam banjir dengan titik banjir tertinggi kurang lebih 60 Centimeter.

“Perkiraan hasil asessment kaji cepat di Waringin Jaya ada 43 unit rumah, dan 40 KK sebanyak 161 Jiwa, terdampak banjir,” kata Jalaludin.

Menurutnya, untuk saat ini banjir berangsur surut, dan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan warga setempat.

Serta memberikan arahan dan himbauan bila mana terjadi kembali hujan deras agar dapat melalukan evakuasi mandiri.

Ia mengatakan, diperlukan penanganan lebih lanjut oleh pihak terkait, perihal saluran pembuangan air atau drainase di wilayah sekitar.

“Mengingat apabila hujan deras akan terjadi luapan banjir kembali di wilayah tersebut,” ungkapnya kepada Bogordaily.net.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here