Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiArti Upselling dan Cara Agar Tak Kena Jebakan

Arti Upselling dan Cara Agar Tak Kena Jebakan

Bogordaily.net–  Arti dan cara menghindari agar kamu tak kena jebakan saat membeli sebuah produk. Kata belakangan ramai diperbicangkan lantaran curhatan konsumen usai membeli donat JCO. Lalu apa arti ?

Dalam curhatannya, konsumen itu menyebut karyawan JCO melakukan tanpa persetujuan dirinya. Ia juga kesal karena harus membayar lebih untuk kue yang sebenarnya tidak ingin dibeli.

Arti

artinya adalah strategi penjualan yang dilakukan oleh suatu bisnis dengan cara mendorong para konsumen agar membeli produk yang nilainya lebih tinggi dari produk awal yang ingin dibeli oleh konsumen tersebut.

Strategi pemasaran yang satu ini dilakukan untuk memengaruhi minat konsumen. Harapannya agar konsumen tersebut bersedia membeli produk yang serupa tetapi dengan harga yang lebih tinggi.

Peningkatan harga yang ditawarkan oleh suatu bisnis, biasanya akan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kuantitas, ukuran, maupun varian produk serupa dengan versi yang terbaru atau lebih lengkap.

Melansir Suara.com, strategi sebenarnya tidak merugikan konsumen karena dengan uang tambahan yang dikeluarkan, maka akan mendapat lebih banyak produk yang dibelinya.

Cara Hindari

Hanya saja cara yang ditawarkan terkadang membuat konsumen yang terjebak. Sebab ia tak benar-benar menginginkan produk tambahan tersebut. Nah, dirangkum dari Yoursay.id, berikut cara agar kamu tak kena jebakan :

Tolak Semua Tawaran Item Tambahan

Misalnya saat kamu membeli kopi di salah satu gerai kopi terkenal, barista selalu menawarkan “mau tambahan susu atau sirupnya kak?” Atau tawaran lainnya yang terkadang membuat kamu terpengaruh ingin mencoba.

Padahal harga dari “additional item” itu bisa membuat harga kopi pesanan menjadi jauh lebih mahal. Jika kamu ingin mencoba, silakan saja. Tapi jika kamu hanya memiliki uang pas-pasan kamu bisa bilang “no additional” agar mereka berhenti menawarkan upselling produknya.

Cari Tahu Harga Produk sebelum Membeli

Kamu harus mengetahui harga produk sebelum membayar ke kasir. Setelah memastikan harganya kamu bisa tahu jika nanti ada perbedaan harga saat proses pembayaran.

Perhatikan Layar Kasir dan Struk Pembayaran

Perhatikan layar kasir saat kamu sedang melakukan pembayaran. Pastikan harga yang kamu bayar sesuai dengan produk yang dibeli.

Kalau terlewat, kamu bisa langsung cek struk pembayaran agar kalau harganya jauh berbeda dan kamu tidak merasa ingin produk tersebut, kamu bisa langsung protes.

Jadi Konsumen Kritis 

Jika kasir menawarkan upselling, kamu bisa langsung meng-cutnya atau tanyakan apakah tambahan tersebut gratis atau tidak.

Demikian arti upselling dan cara menghindari jebakan saat membeli sebuah produk. Semoga bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here