Monday, 6 May 2024
HomeKota BogorAwali Perkuliahan, UIKA Bogor Upacara Hardiknas ke-64

Awali Perkuliahan, UIKA Bogor Upacara Hardiknas ke-64

Bogordaily.net – Mengawali perkuliahan setelah libur Idul Fitri 1444 H, Universitas Ibn Khaldun () Bogor melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional () ke-64 di Halaman Gedung Rektorat Bogor, Selasa, 2 Mei 2023.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Dedi Supriadi, M.Si., M.Pd., yang bertindak sebagai pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan, Hari Pendidikan Nasional () tidak bisa lepas dari sosok yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“Beliau merupakan Ki Hadjar Dewantara, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia,” kata Dedi Supriadi, Selasa, 2 Mei 2023.

Ia mengatakan dengan semboyannya yang berbunyi “Ing Ngarso Sung Tulodo” yang berarti menjadi pemimpin harus memberikan suri tauladan.

“Maka mahasiswa diharapkan dapat menjadi pemimpin minimal bagi dirinya sendiri untuk selalu berusaha sebisa mungkin menjadi seorang yang dapat diteladani,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Hari Pendidikan Nasional tahun ini memiliki slogan “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Sehingga kemajuan pendidikan khususnya di lingkungan Bogor demi terwujudnya kampus yang unggul juga harus dilalui secara bersama-sama.

“Kami atas nama Bogor menghimbau kepada seluruh mahasiswa agar dapat memanfaatkan merdeka belajar kampus merdeka ini sebagai ajang untuk melatih kemandirian,” ujar Dedi.

Ia juga mengatakan kepada para dosen untuk selalu memberikan bimbingannya kepada mahasiswa, serta kepada lembaga, untuk terus meningkatkan pelayanannya seoptimal mungkin.

“Sehingga apa yang dicanangkan Merdeka Belajar yang sudah berjalan selama hampir 3 tahun ini betul-betul dapat terealisasi di lingkungan Bogor,” ungkapnya.

Adapun dalam momen upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional ini juga menurutnya dianggap sebagai media untuk menumbuhkembangkan rasa nilai kebangsaan bagi seluruh civitas akademika Bogor.

Sementara itu kegiatan upacara dihadiri oleh mahasiswa, tenaga pendidik, dosen, ketua program studi, serta dekan dari berbagai fakultas yang ada di lingkungan Bogor.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here