Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorBangun Bumi Ageung Batutulis, Pemkot Bogor Gelontorkan 16 M

Bangun Bumi Ageung Batutulis, Pemkot Bogor Gelontorkan 16 M

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menggelontorkan dana sebesar Rp16 miliar untuk pembangunan .

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati mengatakan, pembangunan tersebut nantinya berlokasi di Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan atau dilahan eks-SDN Batutulis 2 dan 3.

“Insya Allah yang luasnya 3.248 Meter ini akan dikerjakan tahun ini dengan anggaran Rp16 Miliar,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati.

Iceu menambahkan, pembangunan tersebut merupakan ikhtiar dalam memberi edukasi kepada warga.

Tak terkecuali, kata Iceu, generasi muda yang mana pada masa lampau Kota Bogor mempunyai sejarah erat dengan Kerajaan Pajajaran.

Baca juga : Rumah Tangga dengan Opick Disorot, Bebi Silvana Minta Doa

Iceu memaparkan, jika pelaksanaan pembangunan tidak ada halang melintang diperkirakan November 2023 akan rampung dan Desember 2023 sudah bisa dilaunching.

“Karena ini harus dilelang, sekarang prosesnya sudah masuk ke PBJ untuk lelang konsultan pengawas dan konstruksinya,” jelas Iceu

Destinasi Wisata Baru di Bogor

Tak hanya itu, lanjut Iceu, juga menjadi proyeksi destinasi wisata baru gratis di Kota Bogor sebagai bagian dari penunjang Situs Batutulis.

Iceu menambahkan, nantinya akan ada museum atau galeri yang diisi dengan replika benda-benda pusaka dari Kerajaan Pajajaran, ada diorama dan storyline sejarah Bogor.

“Nanti di kawasan itu selain situs Batutulis, ada juga amphitheater, kafe, taman, rooftop dengan view gunung salak yang bisa dinikmati pengunjung ,” tuturnya

Ia berharap, Bumi Ageung ini bisa jadi tempat edukasi terkait situs dan sejarah Bogor.

“Juga menjadi destinasi wisata yang bisa dinikmati gratis warga Kota Bogor dan luar Kota Bogor,” tutup Iceu. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here