Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorBanjir Bandang Hantam TPT KUA Ciomas

Banjir Bandang Hantam TPT KUA Ciomas

Bogordaily.net – Tembok Penahan Tanah () Ciomas longsor dihantam bandang akibat luapan sungai Ciapus di Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Kamis, sore 4 Mei 2023.

Kronologis Kejadian

Sebuah yang berada di kantor Ciomas longsor disebabkan meluapnya aliran kali Ciapus pada sore hari tadi.

dengan panjang 12 meter, lebar 3 meter dan tinggi 4 meter yang berada di pinggir aliran kali longsor, tak kuat menahan hantaman debit air yang sangat deras,” ucap Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin.

Lanjutnya, untuk saat ini area Kantor Kecamatan Ciomas yang TPTnya longsor sementara ditutupi.

Baca juga : Sungai Ciapus Meluap, Ciomas Banjir Bandang

“Jadi area itu kami halangi bambu agar tidak banyak dilalui oleh masyarakat, dikhawatirkan longsor susulan mengindari adanya korban jiwa,” jelasnya.

Sungai Ciapus Meluap

Berdasarkan video yang diterima redaksi Bogordaily.net, terlihat luapan Sungai Ciapus mengalir cukup deras dengan air yang keruh, membuat warga sekitar panik.

Peristiwa tersebut diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Ciomas sejak sore hari dan membuat debit air di Sungai Ciapus meluap.

Peristiwa bandang Ciomas tersebut, kata Jalal, terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Tim yang mendapat laporan dengan segera bergegas ke lokasi bandang.

Satu Rumah Dievakuasi

Menurutnya, ada satu unit rumah warga yang terancam dan saat ini sudah dievakusi ke rumah warga terdekat.

Baca juga : Ribuan Warga Padati Festival Kuluwung, Pasar Sukamakmur Macet

“Ada satu rumah warga terancam atas nama ibu asih, saat ini sudah dievakuasi,” kata Jalaludin saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Kamis, 4 Mei 2023.

Ia mengatakan, pihaknya masih menyisiri area yang terdampak banjir bandang seperti di Desa Pagelaran, Desa Sukaresmi, di dua Kecamatan yang berbeda.

“Tim masih menyisir wilayah desa Pagelaran bersama pemdes Pagelaran sebelum menyisir wilayah Desa Sukaresmi Kecamatan Tamansari dan Ciapus Kecamatan Ciomas,” kata Jalaludin saat dikonfirmasi Bogordaily.net.

Sementara itu, tidak ada korban jiwa terkait peristiwa bandang ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here