Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorBeri Layanan Prima, 59 RS di Bogor Gunakan EMR

Beri Layanan Prima, 59 RS di Bogor Gunakan EMR

Bogordaily.net – Mengaplikasikan (EMR) akan mulai diterapkan di (RS) Kota dan Kabupaten Bogor tahun 2023.

“Insya allah di kota dan Kabupaten hampir semua 100 persen sudah memakai Electronic Medical Record,” kata Ketua Asosiasi Swasta Indonesia (ARSSI) Bogor, dr. Yudi Iskandar, Mars, Rabu, 16 Mei 2023.

Ia menyebut, pengaplikasian EMR itu merupakan bentuk transformasi kesehatan secara nasional yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Salah satunya adalah transformasi di bidang teknologi kesehatan. per tanggal 31 Desember 2023. Semua fasilitas harus sudah memakai EMR, karena sudah jadi Permenkes nomor 24 tahun 2022, jadi wajib hukumnya,” papar dia.

Ia mengaku, pengaplikasian EMR ini akan membuat lebih maksimal pelayanan kepada masyarakat.

Sebab, kata dia, tidak hanya mengurangi penggunaan kertas, tapi juga membuat tugas dokter lebih efektif dan efisien dalam pelayanan.

“Yang menginput, biasanya yang manual itu kan bisa saja tenaga rekam medis dan tenaga kesehatan yang lain. Tapi kalau EMR ini, mau tidak mau dokter yang harus mengisi sendiri,” papar dia.

“Tujuan transformasi ini supaya efektif dan efisien. Salah satu dampaknya, lebih valid, lebih akurat, efektif dan efisien,” lanjut dia.

Sementara, Wakil Ketua ARSSI Bogor, dr. Tini menyebut, pengaplikasian EMR itu digunakan untuk rawat jalan, rawat inap, farmasi dan pelayanan penunjang lainnya.

“Jadi semua data sudah terekap dalam program komputer yang sudah diwajibkan, dan semua sudah menuju kesana,” papar dia.

Tak hanya , pelayanan kesehatan primer lainnya pun diwajibkan menggunakan komputerisasi EMR tersebut.

“Semua layanan primer dan juga rujukan, primer itu klinik puskesmas bahkan hingga dokter praktek,” tutup dia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here