Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorDiguyur Hujan Deras, Rumah Warga Cibinong Rusak 

Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Cibinong Rusak 

Bogordaily.net – Satu di Kampung Cipayung RT 04/RW 05 Kelurahan Tengah, Kecamatan , Kabupaten Bogor rusak akibat hujan deras mengguyur pada Jum'at, 26 Mei 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabuapaten Bogor, Jalaludin mengatakan, peristiwa tersebut disebabkan karena adanya penurunan pada permukaan tanah. Sehingga, mengakibatkan kerusakan pada konstruksi bangunan satu unit rumah milik warga.

“Ada 1 unit ringan satu ada Jiwa,” kata Jalaludin dalam keterangannya kepada Bogordaily.net, Sabtu, 27 Mei 2023.

Rumah Warga Cibinong rusak
Rumah di Kampung Cipayung RT 04/ RW 05 Kelurahan Tengah, Kecamatan , Kabupaten Bogor ambruk pada Jum'at 26 Mei 2023. (Istimewa/Bogordaily.net)

Menurutnya, selain berdampak pada kerusakan peristiwa tersebut juga membuat satu unit rumah lainya terancam.

Baca juga : Polres Bogor Razia Tempat Hiburan Malam di Puncak, Ini Hasil Temuannya

“Korban mengungsi ada satu kk 4 jiwa. Mengungsi ke rumah saudara di alamat yang sama,” jelasnya.

Ia mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan TRC BPBD Kabupaten Bogor diantaranya telah berkoordinasi dengan aparatur setempat.

Tak hanya itu, dilakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan dan melakukan kaji cepat bencana.

Pihaknya juga telah melakukan analisa di TKM dan memberikan edukasi kebencanaan dan himbauan kepada warga.

Untuk situasi saat ini kata Jalal, sebagian barang-barang yang berada di dalam rumah terdampak sudah dievakuasi oleh Tim TRC BPBD dan dibantu oleh warga setempat.

“Untuk saat ini rumah masih dalam kondisi belum kondusif, karena masih ada pergerakan pada keretakan bangunan. Rumah sementara dikosongkan,” ujar Jalal.

Hingga saat ini, diperkirakan analisa di lapangan konstruksi bangunan kurang kokoh dan perlu penanganan lebih lanjut dari dinas terkait. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here