Thursday, 24 October 2024
HomePolitikDPD Partai Golkar Kota Bogor Siapkan 55 Persen Bacaleg Perempuan

DPD Partai Golkar Kota Bogor Siapkan 55 Persen Bacaleg Perempuan

Bogordaily.net–  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Bogor telah menyiapkan bacaleg perempuan. Para kader perempuan dari Partai Golkar tersebut akan didaftarkan sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) di DPRD Kota Bogor pemilu 2024 mendatang.

“Sebagai syarat pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD. Alhamdulillah kita banyak bacaleg perempuan. Hampir kurang lebih 55 persen,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kota Bogor, Rusli Prihatevy, Sabtu 6 Mei 2023.

Ia menyebut, keterwakilan perempuan untuk pendaftaran bakal calon anggota DPRD untuk Kota Bogor terbanyak ada di daerah pemilihan Bogor Timur – Tengah dan Dapil Bogor Barat.

“Bacaleg perempuan itu paling banyak di dapil Timur-Tengah dan dapil Barat. Alhamdulillah kita punya kader-kader perempuan yang luar biasa. Semoga di DPRD melalui partai Golkar ada anggota dewan perempuan,” ungkapnya.

Penuhi Keterwakilan Perempuan

Sebelumnya diberitakan, KPU Kota Bogor mengingatkan kepada partai yang akan mendaftarkan bakal calon anggota DPRD harus memenuhi keterwakilan Perempuan sebesar 30 persen.

Ia mengingatkan kepada setiap Parpol di Kota Bogor dalam melakukan pendaftaran bacaleg perempuan di setiap daerah pemilihan (dapil).

“Kalau 30 persen itu kan di setiap dapil. Kalau satu dapil itu kurang 30 persen maka caleg laki-laki akan dicoret guna dapat memenuhi 30 persen tersebut. Dan jika di dapil itu tidak ada keterwakilan 30 persen perempuan maka calegnya ditolak,” jelasnya.

Hal itu berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mana satu dapil harus ada caleg perempuannya 30 persen.

Pengajuan pencalonan 30 persen caleg perempuan itu wajib dipenuhi oleh partai.

“30 persen caleg perempuan itu adalah dari jumlah yang diusulkan oleh partai. Kalau mereka mengusulkan caleg 10 orang, maka tiga orangnya harus caleg perempuan. Kalau calegnya dua, dua dari 30 persen adalah 0,6. Jadi calegnya satu laki-laki satu perempuan,” jelasnya lagi.

Namun, terpilihnya calon anggota DPRD akan ditentukan oleh jumlah suara terbanyak calon atau partai. Dilihat dari gabungan suara caleg. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here