Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorHarlah ke 30, Keluarga Besar Ummul Quro Al Islami Adakan Rihlah Ruhiyah...

Harlah ke 30, Keluarga Besar Ummul Quro Al Islami Adakan Rihlah Ruhiyah Kubro

Bogordaily.net – Tiga Dasawarsa menjadi momen penting bagi Pesantren Modern Al Islami.

Salah satu rangkaian kegiatan dalam mensyukurinya yaitu dengan mengadakan kegiatan Rihlah Ruhiyah atau ziarah kubro Wali Songo yang berada di Madura dan Malang.

Baca Juga: Inovasi Tempat Sampah Khusus Botol dan Plastik di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Kegiatan ini berlangsung selama satu pekan, mulai dari Kamis 4 Mei hingga Rabu 10 Mei 2023.

Peserta Rihlah terdiri dari santri kelas akhir, dewan guru, santri dari pesantren alumni dan wali santri dengan jumlah bus yang berangkat sebanyak 28 kendaraan.

Total keseluruhan ialah 28 bus, dengan rincian 15 bus santri dan dewan guru pesantren, 8 bus santri dari pesantren alumni dan 5 bus untuk alumni dan keluarga pimpinan pesantren.

Panitia kegiatan Harlah 30 tahun,
Cakap Suhendar menyampaikan, selain mengunjungi para wali, agenda Rihlah ini juga berbarengan dengan peresmian Masjid Jami Al- islami yang berada di Sumenep, Madura.

“Salah satu tujuan berziarah ialah untuk mengingatkan kita bahwa semuanya akan menghadap sang ilahi,” kata Suhendar, Kamis 4 Mei 2023.

Tak hanya itu, ia juga dapat mengambil keberkahan dan bertawasul pada waliyullah yang memiliki derajat tinggi di sisi Allah SWT.

Senada dengan Suhendar, Dewan Guru Pesantren, Ahmad Luthfi menambah,
melalui agenda ini, dapat mengambil banyak manfaat dengan menjadikan para wali yang dikunjungi.

“Sebagai perantara berdoa kepada Allah SWT dan semoga kita dapat mengikuti langkah beliau para orang sholeh,” ujar Ahmad Luthfi.

Tak hanya itu, selain dapat berziarah, para santri kelas akhir juga sangat merasa terhibur setelah melewati penatnya ujian akhir kelulusan.

“Alhamdulillah bisa ziarah bersama pak kyai dan dewan guru juga bisa sekaligus refreshing setelah ujian kemarin,” ungkap Rafli, santri kelas akhir pesantren.***

Ibnu Galansa

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here