Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorInfrastruktur Jalan Salah Satu Syarat Kemajuan Pariwisata di Kabupaten Bogor  

Infrastruktur Jalan Salah Satu Syarat Kemajuan Pariwisata di Kabupaten Bogor  

Bogordaily.net–  Infrastruktur jalan menjadi salah satu syarat kemajuan di Kabupaten Bogor. Hal ini dinilai usai para camat di Kabupaten Bogor melakukan study banding ke Pemerintah Kabupaten Badung, Bali.

Juru Bicara Paguyuban Camat se-Kabupaten Bogor Farid Maruf mengatakan keberangkatan para camat ke Bali untuk studi banding ke Pemkab Bandung dan beberapa lokasi wisata alam di Pulau Dewata bertujuan untuk mendalami soal peningkatan potensi .

“Para camat selama dua tahun menabung untuk kunjungan ke Pemkab Badung, Bali. Ini rencana yang sudah lama bahkan sudah ada beberapa camat yang pensiun. Saya bangga kami semua kompak demi kemajuan wisata Kabupaten Bogor,” ujar Farid Maruf yang juga Camat Tenjolaya ini.

Farid menegaskan rombongan para camat ke Bali ini sama sekali tidak dibiayai oleh dana APBD.

Usai kunjungan, para camat menilai pengembangan wilayah membutuhkan peningkatan infrastruktur jalan atau fasilitas pendukung lainnya. Terlebih menuju lokasi wisata alam yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor.

Di Sukamakmur, misalnya. Camat Sukamakmur Bakri Hasan mengatakan infrastruktur jalan dalam pengembangan Pariiwisata di Sukamakmur menjadi hal yang harus menjadi prioritas.

“Aksesibilitas wilayah merupakan hal yang  sangat penting dalam mendukung perkembangan di Kecamatan Sukamakmur. Sehingga perekonomian warga bisa terangkat,”  tegas Bakri Hasan, Minggu, 14 Mei 2023.

Hal senada diungkapkan Camat Cisarua, Ivan Pramudia. Ia mengatakan untuk  menggali potensi di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor perlu ada peningkatan  infrastruktur.

Selain itu dibutuhkan komitmen bersama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Hal ini akan menjadi modal penting dalam memajukan wilayah di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Sehingga, kata Ivan,  konsep desa wisata yang ramah lingkungan dan ramah wisatawan bisa berjalan. Pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan PAD dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bogor atau yang dekat dengan  lokasi wisata.

Camat Megamendung, Acep Sajidin menambahkan, keberadaan infrastuktur jalan yang memadai dan  dengan daya dukungan semua elemen masyarakat ataupun stakholder  akan menjadi kunci peningkatan di Kabupaten Bogor.

Acep menilai, kunci keberhasilan di Bali menjadi destinasi dunia tak lepas dari dua faktor itu.

“Potensi wisata alam di Kabupaten Bogor akan meningkat jika adanya sinergitas semua elemen dalam memajukan potensi wisata yang ada wilayahnya,” jelas Acep.

Di sisi lain, potensi alam di Kabupaten Bogor masih bisa terus dikembangkan dan bisa menjadi destinasi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Pemerintah Kabupaten Bogor masih memiliki pekerjaan rumah (PR) terkait sarana jalan atau infrastruktur jalan menuju lokasi wisata.

Mayoriras semua kecamatan  di Kabupaten Bogor memiliki potensi alam yang bagus dan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Hampir semua camat dari Kabupaten Bogor yang kunjungan ke Bali terkait pengembangan wilayah mengatakan perlunya peningkatan infrastruktur jalan atau fasilitas pendukung lainnya. Terutama menuju lokasi wisata alam yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor.(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here