Wednesday, 12 June 2024
HomeNasionalJadwal PPDB SMA 2023 di Jawa Barat

Jadwal PPDB SMA 2023 di Jawa Barat

Bogordaily.net – Jadwal SMA 2023 di Jawa Barat. Pendaftaran Peserta Didik Baru () 2023 sudah semakin dekat dan akan membuat para orang tua dan siswa sibuk mempersiapkannya.

Di Jawa Barat, jadwal 2023 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) telah diumumkan.

Baca Juga: Tarif Biskita Trans Pakuan Bogor Berbayar Berlaku Mulai 20 Mei 2023

Penting bagi orang tua dan siswa untuk mengetahui jadwal pendaftaran tahap 1 dan 2.

Jadwal SMA 2023 di Jawa Barat

Melansir Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, berikut adalah jadwal 2023 di Jawa Barat untuk SMA, SMK, dan SLB pada tahap 1 dan 2.

Pendaftaran tahap 1 akan dimulai pada bulan Juni 2023 mendatang.

Untuk tahap 2 2023 di Jawa Barat, pendaftarannya akan dibuka pada minggu ke-4 bulan Juni 2023.

Jadwal 2023 Tahap 1 dan 2 di Jawa Barat

Tahap 1 -> 6 – 10 Juni 2023

  • SMA: Jalur afirmasi, perpindahan tugas, prestasi rapor, dan kejuaraan
  • SMK: Jalur afirmasi, prioritas terdekat, perpindahan tugas, prestasi kejuaraan, dan prestasi kelas industri
  • SLB: Calon peserta didik mendaftar ke SLB sesuai kebutuhan

Tahap 2 -> 26 – 28 dan 30 Juni 2023

  • SMA: Jalur zonasi
  • SMK: Jalur prestasi
    Jika peserta didik tidak lolos pada tahap 1, mereka dapat mendaftar kembali pada tahap 2, kecuali untuk jalur Afirmasi KETM.

Jika diterima pada tahap 1 namun tidak mengambil tempat, calon peserta didik harus mengundurkan diri terlebih dahulu. Jika tidak, mereka tidak dapat mendaftar pada tahap 2.

Pilihan Jalur 2023 

Dalam Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor 29 tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Dan Sekolah Luar Biasa, terdapat 8 jalur Jawa Barat yang menarik dan unik bagi calon pendaftar, yaitu:

Jalur Afirmasi

Diperuntukkan bagi peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu, termasuk anak penyandang disabilitas, serta mereka yang membutuhkan bantuan khusus karena kondisi tertentu.

Jalur Perpindahan Tugas

Diperuntukkan bagi pendaftar yang mengikuti perpindahan atau tempat tugas orang tua/wali, termasuk anak guru.

Jalur Prestasi Nilai Rapor

Memungkinkan pendaftar menunjukkan prestasi akademik mereka melalui lampiran nilai rapor semester satu hingga lima dan peringkatnya, atau melalui ujian sekolah.

Jalur Prestasi Kejuaraan

Menilai pendaftar berdasarkan hasil perlombaan atau penghargaan kejuaraan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, baik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Jalur Zonasi

Membuka kesempatan bagi calon Peserta Didik yang berdomisili dalam wilayah zonasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi.

Ini adalah kesempatan untuk menonjolkan potensi bakat lokal.

Jalur Prioritas Terdekat

Berbeda dengan Jalur Zonasi, pemerintah daerah memberikan prioritas kepada siswa yang tinggal dekat dengan sekolah sesuai dengan jarak yang telah ditetapkan. Tetangga dekat adalah prioritas utama!

Jalur Nilai Rapor Umum

Jalur Nilai Rapor Umum didasarkan pada pemeringkatan rata-rata nilai rapor aspek pengetahuan (kognitif) dari 7 mata pelajaran selama 5 semester, diurutkan dari nilai terbesar sampai kuota terpenuhi.

Rapor yang memukau adalah kunci sukses!

Jalur Persiapan Kelas Industri

Jalur Persiapan Kelas Industri khusus bagi siswa SMK yang akan menempati kelas dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Persiapan yang tepat untuk menghadapi dunia nyata!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran PPDB Jawa Barat 2023, kunjungi https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/ atau akun Instagram @disdikjabar.

Itulah informasi mengenai PPBD SMA 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here