Tuesday, 7 May 2024
HomeKota BogorKOSTI Bogor Siap Meriahkan Hari Jadi Bogor Ke 541

KOSTI Bogor Siap Meriahkan Hari Jadi Bogor Ke 541

Bogordaily.net – Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Bogor bersiap untuk memeriahkan (HJB) ke 541 yang jatuh pada 3 Juni 2023.

Dengan mengusung tema Bogor Hujan Onthel (BHO), KOSTI Bogor mengajak Onthelis Nusantara untuk mengenang dan melihat dari dekat Kota Bogor.

Dan dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu 17 dan Minggu 18 Juni 2023 bertempat di GOR Padjajaran Kota Bogor.

Baca Juga: Paguyuban PKL Kota Bogor Curhat Ke Komisi II, Minta Nasib Pedagang Diperhatikan

Ketua KOSTI Bogor, A Iwan Mokhamad R menyebut salah satu agendanya adalah ‘NGONTEL BARENG' dengan berkeliling Kota dengan rute kurang lebih sejauh 4 kilometer.

Dengan melalui GOR Padjadjaran – Jambu Dua – RRI – Sempur – Lewat Istana Bogor – Mampir Museum Peta – Kembali ke GOR Padjadjaran.

Selama perjalanan, kata Iwan onthelis juga akan menikmati beragam kuliner khas Kota Bogor dan mengenal budaya.

“Serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Bogor, salah satunya Museum Peta (Pembela Tanah Air),” kata Iwan kepada Bogordaily.net, Sabtu 20 Mei 2023.

Dipilihnya lokasi tersebut, sambung Iwan, karena museum PETA merupakan museum yang didirikan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA atas kontribusinya dalam pendirian bangsa dan negara.

Dengan demikian, onthelis Nusantara dapat mengenal koleksi yang ada di museum.

Seperti relief atau monumen yang menceritakan awal terbentuknya tentara PETA dan terjadinya pertempuran tentara PETA melawan penjajah, patung, perlengkapan perang, meriam, dan senjata lainnya.

Kata dia, monumen yang ada di museum ini berupa patung Soedirman dan Supriyadi.

Selain itu, Museum PETA memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara PETA dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.

Untuk memeriahkan ke 541, Iwan mengajak masyarakat khususnya pecinta sepeda tua untuk mengenal lebih dekat Kota Bogor.

“Mari hadir dan datang di Kota Bogor kita kumpul dan bersilaturahmi saat acara Bogor Hujan Onthel yang bertepatan juga dengan ke-541,” ajak Iwan.

Bagi peserta yang menginap di lokasi ada ruang bersama di Wisma Atlit sambil menikmati minuman dan makanan kecil atau di Kamar Wisma Atlit kapasitas 100 orang dengan biaya Rp. 50.000 per orang.

“Sementara bagi yang ingin menginap di hotel sekitar GOR Pajajaran cukup banyak bisa di cari mesin pencarian Google dengan tarif bervariasi sesuai selera dan keinginan masing-masing,” katanya.

Sekadar informasi, dalam sejarah perjalanan komunitas sepeda tua, Kota Bogor adalah salah satu Kota yang tidak bisa lepas dari perjalanan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI).

Di mana kongres pertama KOSTI tanggal 9-10 Februari 2008 dilaksanakan di Gedung Bakorwil Kota Bogor.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here