Tuesday, 30 April 2024
HomeEkonomiLangkah BRI Ajak Masyarakat Perangi Social Engineering

Langkah BRI Ajak Masyarakat Perangi Social Engineering

Bogordaily.net – Sebagai bank yang perduli terhadap segala jenis bentuk kejahatan perbankan, BRI memberikan pemahaman kepada masyarakat soal atau Soceng.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, memberikan pemahaman kepada nasabahnya melalui berbagai kanal, baik media konvensional maupun media sosial.

Seperti diketahui, kejahatan yang paling marak terjadi saat ini, merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi psikologis korban agar membocorkan data pribadi dan data transaksi perbankan korban.

Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, SMS, e-mail, media sosial, dan lainnya.

BRI Luncurkan Campaign

Sebagai bentuk upaya memerangi Soceng dan mengedukasi nasabah, BRI meluncurkan video campaign “” yang tayang 10 Mei 2023 di Youtube channel Bank BRI dan Instagram @bankbri_id.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan, BRI menghadirkan edukasi video bertajuk “” yang merupakan salah satu bentuk aksinya untuk memerangi Soceng.

Baca juga : HUT Ke-43 Dekranas, BRI Sukseskan Pelatihan Sertifikasi TKDN

“Konten ini memuat narasi agar tegas mengatakan ‘TIDAK' terhadap segala perbankan,” ujarnya.

Melalui campaign ini, diharapkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat semakin meningkat, terutama dalam mengenali modus dan praktik Soceng.

BRI akan terus memberikan informasi yang terbaik dalam memberikan pemahaman serta literasi kepada masyarakat luas.

Adapun video # menceritakan seorang sutradara yang dibintangi Abimana Aryasatya, sedang melakukan casting saat mencari aktor penipu bermodus “”.

Dalam videonya, terlihat bagaimana para penipu menunjukkan berbagai modus untuk menipu korban. Mulai dari modus undangan pernikahan, hadiah undian, sampai ancaman kenaikan tarif transfer.

Namun, semua itu dengan mudah dipatahkan, semudah “” sehingga masyarakat tidak dapat tertipu oleh semua modus- yang ada.

Melalui video ini, Sutradara juga berpesan bahwa berbagai baru akan tetap bermunculan, tapi selama kita menjaga data rahasia, kita tetap aman.

Ditegaskan BRI tak henti mengajak dan mengedukasi seluruh masyarakat agar selalu waspada akan modus penipuan baru Soceng.

Pesan utama yang disampaikan yakni, “Jangan mudah terpengaruh, ataupun terlena dengan modusnya. Jaga diri sendiri, jaga keluarga, dan orang lain!”***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here