Sunday, 29 September 2024
HomeKabupaten BogorLogo HJB Ke-541 Kabupaten Bogor Resmi Diluncurkan, Ini Maknanya

Logo HJB Ke-541 Kabupaten Bogor Resmi Diluncurkan, Ini Maknanya

Bogordaily.net – Logo Hari Jadi Bogor (HJB) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor resmi diluncurkan.

Hjb sendiri akan digelar pada 3 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: Nama-nama Artis Inisial RK Diserbu Netizen, Siapa Saja?

Dalam perayaan HJB kali ini, Pemkab Bogor menggaungkan tema “Tuntas, Harmonis dan Makmur”, sebagai ajakan bagi seluruh stakeholder dan masyarakat untuk mewujudkan visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban.

Makna Logo HJB ke-541 Kabupaten Bogor

Ketua Panitia HJB ke-541, yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor, Zaenal Ashari mengatakan, tema HJB ke-541 yakni Tuntas, Harmonis, dan Makmur.

Artinya, kata dia, hal tersebut sebagai ajakan bagi seluruh stakeholder dalam membangun Kabupaten Bogor di periode penutup ini dengan mementingkan aspek sosial (manusia), lingkungan (alam) dan program kerja (pembangunan).

Yang selalu berkesinambungan demi menuntaskan capaian-capaian yang ada untuk terwujudnya kemakmuran sesuai dengan visi Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban.

“Logo HJB ke-541 menyuguhkan perpaduan beberapa ornamen yang terdiri dari Padi, Kujang, Perisai, Tugu, Pancakarsa, dan angka 541. Dengan perpaduan warna emas, hijau, kuning, dan merah. Logo tersebut terinspirasi dari alam, manusia dan pembangunan,” kata Zaenal

Ia mengatakan, di logo HJB ke-541 tersebut adalah ide dan gagasan dari Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang telah diterjemahkan menjadi sebuah lambang peringatan hari lahirnya Bogor.

Zaenal juga mengungkapkan, ada perpaduan beberapa ornamen pada logo tersebut, yakni Padi, Kujang, Perisai, Tugu Pancakarsa, dan angka 541.

“Padi melambangkan kemakmuran dan kekayaan alam, Kujang melambangkan identitas perjuangan masyarakat sunda, Perisai terinspirasi logo Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata dia, melambangkan persatuan yang kuat, Tugu Pancakarsa melambangkan visi misi dan program kerja Pemerintah Kabupaten Bogor, dan angka 541 adalah usia Hari Jadi Bogor tahun 2023.

Selanjutnya, ada beberapa paduan warna yang menginspirasi logo HJB 541, pertama adalah warna emas yang melambangkan kemakmuran.

“Kemudian warna hijau yang melambangkan keindahan dan kekayaan alam, kuning melambangkan semangat masyarakat dengan inovasi dan kreasinya, kemudian warna merah melambangkan semangat dalam pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan,” ujar Zaenal Ashari.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here