Sunday, 29 September 2024
HomeKota BogorResmi Diluncurkan, Ini Makna dan Filosofi Logo HJB ke-541

Resmi Diluncurkan, Ini Makna dan Filosofi Logo HJB ke-541

Bogordaily.net–   Logo Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 resmi diluncurkan. Kali ini bertemakan ‘Rumawat Pusaka Kota’ memiliki makna dan filosofi tersendiri.

Logo HJB ke-541 menyuguhkan ornamen gerbang atau gapura pada angka 5 dan 1. Gerbang atau gapura tersebut diambil dari lokasi yang akan dijadikan museum Pajajaran di kawasan Batutulis. Museum ini sebagai upaya pelestarian benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Pajajaran.

“Secara filosofis makna gapura dapat diartikan sebagai struktur bangunan yang merupakan pintu masuk atau gerbang menuju ke suatu kawasan, sehingga gapura sering diartikan sebagai suatu simbol gerbang menuju kawasan masa depan yang cerah, makmur dan sukses bagi masyarakat yang tinggal didalamnya,” kata Asisten Umum (Asum) Setda Kota Bogor Rakhmawati, Kamis, 18 Mei 2023.

Ia menjelaskan angka 4 yang diapit oleh gapura tersebut disematkan ornamen kujang sebagai benda pusaka Jawa Barat sekaligus salah satu ikon Kota Bogor.

Selain itu untuk arti warna logo oranye dan biru yakni oranye memberi kesan hangat dan bersemangat. Serta merupakan simbol dari optimisme dan kemampuan dalam bersosialisasi. Sedangkan biru mewakili makna kepercayaan, kesetiaan, ketulusan, kebijaksanaan.

“Dari perspektif psikologi warna, warna biru memiliki arti dapat diandalkan dan bertanggung jawab,” katanya.

Diperingati 3 Juni

Setiap 3 Juni, warga Kota Bogor dan Kabupaten Bogor bersama-sama memperingati hari jadinya.  Tanggal 3 Juni merupakan tanggal yang telah ditetapkan sebagai sejarah awal berdiri Kabupaten Bogor.

Penetapan 3 Juni ini dilandasi tanggal pelantikan Raja Pajajaran yang terkenal yaitu Sri Baduga Maharaja. Kala itu dilaksanakan pada 3 Juni 1482 selama sembilan hari yang disebut dengan upacara “Kedabhakti.”

Pada tahun 1971, setelah melalui pendekatan dan pembicaraan atara Pemerintah Kota madya Bogor dan Pemerintah Kabupaten Bogor (saat itu kantor pemerintah Kabupaten Bogor berada di Jalan Panaragan Kotamadya Bogor).

Dari pertemuan-pertemuan itu disepakati tanggal Hari Jadi Bogor.  Pada 3 Juni 1972, dalam sidang gabungan istimewa antara DPRD Kotamadya Bogor dan Kabupaten Bogor yang bertempat di Lobby Gedung Merdeka (yang kini jadi Mall Merdeka) disepakati bahwa hari jadi Bogor adalah tanggal 3 Juni. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here