Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaMasih Bingung? 6 Jurusan SMK Ini Paling Banyak Peminat di 2023

Masih Bingung? 6 Jurusan SMK Ini Paling Banyak Peminat di 2023

Bogordaily.net – Sedang bingung memilih ? Mau daftar ke , tapi nggak tahu mau ambil jurusan apa? Berikut jurusan paling banyak di 2023.

SMK adalah singkatan dari Menengah Kejuruan. Dulu, juga dikenal sebagai STM ( Teknik Menengah).

Buat kamu yang berada di kelas 9 SMP dan kepingin ambil lanjutan yang fokus pada bidang tertentu, SMK adalah pilihan yang cocok.

Di SMK, selain mempelajari mata pelajaran umum, kamu juga akan mendapatkan materi atau mata pelajaran keahlian sesuai dengan jurusan SMK yang di pilih.

Berikut jurusan SMK paling banyak di 2023.

1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan ini setiap tahun selalu meningkat peminatnya karena jurusan ini mempelajari bagaimana cara merakit komputer dan jaringan.

Bagi kamu suka komputer khususnya di bagian hardwarenya bisa pilih jurusan Teknik Komputer Jaringan.

2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan ini kebalikannya dengan TKJ, di RPL mempelajari software komputer alias pemrograman. Buat kalian nih yang anaknya kreatif dan kritis bercita-cita bikin aplikasi Android, website terkenal ataupun game bisa banget masuk jurusan RPL.

Di jurusan RPL juga mempelajari dasar merakit komputer, jadi jangan kaget kalau di RPL mempelajari hardware.

3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Buat kalian yang hobi otomotif bisa menekuni bidang ini dengan masuk jurusan TKRO. Jurusan ini mempelajari perakitan dan perawatan otomotif.

4. Multimedia

Jurusan ini bisa dibilang paket karena mempelajari perakitan komputer, programming, animasi, desain grafis, percetakan, fotografi, videografi, dan juga editing foto dan video.

Jurusan ini cocok banget buat kalian yang suka teknologi sekaligus seni visual. Sebelum masuk jurusan ini pastikan kamu suka dengan belajar banyak hal di teknologi dan seni visual

5. Teknik Otomasi Industri

Jurusan ini mempelajari pembuatan mesin otomatis alias robot yang dibutuhkan oleh industri. Bukan hanya itu saja, di jurusan ini punya 4 tahun masa belajar yang membuatmu belajar lebih dalam mengenai teknologi PLC.

Sebelum masuk jurusan ini pastikan kamu suka mengotak-atik elektronika dan kelistrikan agar kalian jadi teknisi PLC yang handal.

6. Farmasi

Penyuka mapel IPA mana suaranyaaa? Yup, kalau kamu masuk SMK Farmasi, mayoritas pelajaran yang kamu pelajari berhubungan dengan Kimia dan Biologi. Salah satunya simplisia, yaitu bahan untuk memproduksi obat-obatan.

Simplisia berasal dari hewani, nabati, maupun mineral. Kamu juga belajar seluk beluk administrasi kesehatan. Sehingga, setelah lulus kamu sudah siap bekerja sebagai asisten apoteker.

Menurut kalian semua apalagi jurusan SMK yang bakal ramai di tahun 2023?*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here