Monday, 6 May 2024
HomeTravellingMenilik Animalium Brin, Pusat Wisata Edukasi Hewan Pertama di Indonesia

Menilik Animalium Brin, Pusat Wisata Edukasi Hewan Pertama di Indonesia

Bogordaily.net – Animalium , terletak di Jalan Raya Jakarta – Bogor KM 46, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, menjadi salah satu pusat riset, wisata edukasi dan ilmu pengetahuan tentang hewan pertama di Indonesia.

Berada di dalam kawasan Badan Riset & Inovasi Nasional (), Animalium menjelma sebagai sebuah tempat wisata edukasi yang menjadi wadah bagi penerapan pembelajaran mengenai kehidupan satwa.

Saat memasuki area Animalium, terdapat beragam jenis hewan mulai dari hewan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang, maupun vertebrata atau hewan yang memiliki tulang belakang.

Pemandu Wisata Animalium, Ara mengatakan, para pengunjung yang datang akan diajak berkeliling mengitari berbagai area, di sini para pengunjung akan ditemani guide untuk mengenali lebih dalam berbagai satwa.

“Di Animalium ini selain melihat berbagai satwa nantinya para pengunjung juga bisa mempelajari satwa lebih dalam dengan menggunakan packet guide,” kata Ara kepada Bogordaily.net.

Para pengunjung yang datang kata Ara, akan diberikan sebuah binder yang di dalamnya terdapat berbagai soal, sehingga para pengunjung bisa mengisi soal tersebut usai mengitari area Animalium.

“Bagi pengunjung yang datang ke sini nantinya akan diberikan modul dan binder yang isinya soal tentang hewan-hewan, jadi pengunjung bisa langsung menjawab soal-soal tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, Animalium ini baru dibuka awal Maret lalu dan saat ini sudah banyak beragam replika hewan, ke depan koleksi binatang akan terus bertambah. 

“Memang kalau untuk Animalium ini baru dibuka awal Maret kemarin. Saat ini ada 32 eksibit. Baru terisi 11 eksibit, salah satunya itu ada hewan binturong, landak jawa dan lain lain,” ujar Ara.

Sekedar informasi, Animalium ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan terbagi ke dalam beberapa area indoor dan outdoor berupa aviari.

Jam operasional buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Pengelola mematok itu harga tiket masuk ke wisata Animalium , sebesar Rp 95 ribu per orang dengan batas usia tiga tahun ke atas. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here