Friday, 3 May 2024
HomeEkonomiMunifah Syanwani Gencar Bangkitkan Perjuangan UMKM

Munifah Syanwani Gencar Bangkitkan Perjuangan UMKM

Bogordaily.net – Munifah Syanwani gencar bangkitkan Usaha mikro, kecil, dan menengah () khususnya di Kota Bogor. Menurut Munifah, sektor membutuhkan perhatian khusus dari sisi manajerial dan permodalan.

Sebab, kata dia, perempuan merupakan pribadi yang tangguh, ulet, multitasking, dan hebat.

Kaum perempuan pun bisa menjalani segala kondisi untuk bisa hidup, bahkan menghidupi keluarganya.

Muslimah yang juga merupakan ketua umum Pemberdayaan Perempuan Indonesia () ini mencatat, dari sekitar 64 juta orang pelaku ultramikro di negeri ini, sebanyak 60 persennya merupakan kaum perempuan.

Wanita yang akrab disapa bunda Munifah tersebut menerangkan, kehebatan perempuan tak sekadar menjadi mayoritas pengelola .

Baca juga : Mengenal Munifah Syanwani, Pelopor Ekonomi Kaum Perempuan Kota Bogor

Menurut dia, perempuan terus beradaptasi terhadap perkembangan zaman yang terus berubah dari belanja konvensional hingga online. Munifah menuturkan, sektor belanja ini tetap dikuasai oleh perempuan.

Potret perempuan dan , kata Munifah, dari masa ke masa telah terbukti kian menunjukkan eksistensi dan kemandiriannya dengan baik. Munifah pun bercerita mengenai perjalanannya saat mengawaki .

Harapan Munifah yang semula sekadar adanya dukungan pemberdayaan ekonomi justru bergulir menjadi wacana pembentukan organisasi yang lebih besar lagi.

“Dari sinilah kemudian cikal bakal dibentuk. Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan, kami meminta Ibu Menkeu Sri Mulyani untuk menjadi ketua pembina kami,” ujarnya

Munifah menjelaskan, dalam setiap pergerakan, pastinya akan dihadapkan pada tantangan.

Akan tetapi, semua kendala yang ada mampu dijadikan Munifah sebagai penguat dan penyemangat bagi dalam menjalankan perjuangan besar untuk memberdayakan para perempuan di negeri ini.

Dia percaya bahwa perempuan merupakan hamba Allah yang hebat dan luar biasa.

Meski perempuan menjalankan aktivitasnya sebagai pelaku UMKM, mereka tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan dan ibu dari anak-anak dan keluarganya. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here