Monday, 29 April 2024
HomeBeritaNgeri, BKSDA Tangkap Buaya Pemakan Manusia di Lombok

Ngeri, BKSDA Tangkap Buaya Pemakan Manusia di Lombok

Bogordaily.net – Balai Konservasi Sumber Daya Alam () dengan para ahli dari (BRR) menangkap seekor pemakan manusia di Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

tersebut ditangkap di Desa Persiapan Awang pada Sabtu, 6 Mei 2023 lalu sekitar pukul 21.00 WITA.

”Tadi malam (Sabtu) kita berhasil tangkap buayanya. Jenis muara dengan ukuran panjang sekitar empat meter,” kata Perencana NTB Ivan Juhandara, dikutip dari Kompas.com, Senin 8 Mei 2023.

Menurutnya, perburuan buaya tersebut dilakukan selama tujuh hari lamanya sejak Senin lalu, dan berhasil mengevakuasi buaya dengan cukup alot, karena saat ditangkap di perairan, buaya terus melawan dan ingin melepaskan diri.

”Lumayan kita berjibaku melakukan evakuasi buayanya, kita menggunakan mobil Crane, untuk diangkat ke mobil truk,” kata Ivan.

Baca juga : Arab Saudi Tambahkan Kuota Haji Indonesia Jadi 8.000

Buaya Dibawa ke Konservasi

Setelah dievakuasi ke darat, selanjutnya buaya muara tersebut akan dibawa ke Taman Binatang di Kabupaten Utara untuk dirawat.

”Kita bawa ke lembaga konservasi yang kita kenal umumnya di Kebun Binatang Utara,” kata Ivan.

mengimbau kepada masyarakat sekitar agar waspada terhadap daerah rawa yang menjadi habitat para buaya.

”Kalau yang awal kita temukan ada dua buaya tapi kita tidak bisa pastikan berapa jumlahnya, karena ini hewan liar. Artinya untuk mengantisipasi konflik satwa ini kita harus waspada terhadap lokasi habitat buaya ini, mungkin ada anaknya atau keturunan kita gak tau,”kata Ivan.

Dalam observasi kami ini, pihaknya mengaku melihat ada dua buaya. Namun, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah pastinya.

”Kalau yang awal kita temukan ada dua buaya tapi kita tidak bisa pastikan berapa jumlahnya, karena ini hewan liar. Artinya untuk mengantisipasi konflik satwa ini kita harus waspada terhadap lokasi habitat buaya ini, mungkin ada anaknya atau keturunan kita gak tau,” kata Ivan.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here