Thursday, 9 May 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Targetkan Bantuan RTLH Terlealisasi Tahun Ini

Pemkot Bogor Targetkan Bantuan RTLH Terlealisasi Tahun Ini

Bogordaily.net–  Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menargetkan bantuan sosial tunai (BST) rumah tidak layak huni () sebanyak 4.363 bisa terlealisasi tahun ini atau 2023.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjelaskan bahwa target tersebut bisa terlealisasi dengan percepatan yang melalui alokasi APBD Kota Bogor Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp43 miliar.

“Pemilik telah mendapatkan rekening atas namanya untuk memperbaiki rumahnya,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim

Dedie menyebut, pihaknya sudah memberikan rekeningnya secara langsung kepada penerima bantuan.

Program ini juga, kata Dedie, diharapkan mampu mengundang sumber dana lainnya. Seperti CSR, dana provinsi hingga pusat dalam hal ini kementerian.

Sehingga sasaran bisa lebih merata di semua penjuru kota dengan anggaran yang bertambah kedepannya.

Dedie mengungkapkan, tak hanya ingin membangun rumah yang sehat. Tetapi juga perlu dipikirkan setelah menjadi layak huni adalah septic tank komunal yang menjadi bagian daripada itu.

“Berkaitan juga dengan pengentasan ODF di Kota Bogor. Kalau kita punya tanggung jawab, ya harus dituntaskan. Pemerintah peduli dengan masyarakat, masyarakat peduli juga dengan sesama,” jelas Dedie.

Dalam penyerahan BST ini, menggandeng Bank Jabar Banten (BJB) untuk pembukaan rekening penerima.

Setelah tahapan selesai, penerima tinggal menunggu pencairan untuk kemudian digunakan memperbaiki rumahnya.

“Jadi setelah rekening ada, uang sudah masuk langsung digunakan dan dimanfaatkan untuk memperbaiki rumahnya. Jangan dipakai yang lain,” tutup Dedie.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here