Tuesday, 30 April 2024
HomeKota BogorRekayasa Lalu Lintas SSA, 527 Personel Dishub Kota Bogor Dikerahkan

Rekayasa Lalu Lintas SSA, 527 Personel Dishub Kota Bogor Dikerahkan

Bogordaily.net–  Rekayasa arus lalu di Sistem Satu Arah () melibatkan 527 personel . Pasca penutupan Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) yang sedang dalam pembangunan jembatan hampir keseluruhan personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dikerahkan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo mengatakan, dari 527 personel hampir 95 persen yang akan diterjunkan dalam kegiatan rekayasa arus lalu lintas di kawasan . Mereka akan bertugas mengatur lalu lintas secara bergantian yang terbagi dalam tiga shift.

“Untuk penguatan personel dari hasil pemetaan titik menjadi bangkitan kepadatan lalu lintas ada di delapan simpang mayor. Yakni simpang Tugu Kujang, Gang Aut, Ekalokasari, Ahoy, BTM, Internasional Motor, Empang, dan Pasir Kuda,” kata Eko Prabowo, Rabu, 10 Mei 2023.

Trayek Angkot dan BisKita Transpakuan Berubah

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, terdapat 14 trayek angkutan perkotaan dan dua trayek BisKita Transpakuan mengalami perubahan rute imbas pembangunan Jembatan Otista.

Eko Prabowo menjelaskan, pola trayek angkutan umum ini mengikuti manajemen rekayasa lalu lintas.

Ada tujuh trayek yang sebelumnya melintas di Jalan Otista mengalami perubahan rute sementara akan menuju Jalan Suryakencana (Surken).

“Yang melalui jalur ini (Jalan Otista) tujuh trayek. Kemarin disepakati tujuh trayek itu lewat Surken. Yang lain terdampak kepadatan lalu lintas. Tapi nanti kami lihat kalau memang kepadatannya relatif tinggi, kita akan kumpul dan dihidupkan kembali sistem shift, ada A, B dan C,” jelas Eko.

Untuk sarana prasarana pendukung kelancaran lalu lintas saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas.

Pihaknya telah memasang rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) termasuk mempersiapkan kelengkapan lainnya.

“Untuk RPPJ ada 22 titik. Kemudian aktivasi traffic light depan Siloam, dan disiapkan traffic cone, beton dan water barrier. Nanti pelaksanaannya dikombinasikan, memang yang dibuka hanya darurat di Rumah Sakit PMI,” ujar pria yang akrab disapa Danjen ini.

Informasi lengkap untuk trayek angkutan umum ini bisa diakses melalui website jembatanotista.kotabogor.go.id. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here