Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorRibuan Warga Antusias Saksikan Festival Kuluwung di Sukamakmur

Ribuan Warga Antusias Saksikan Festival Kuluwung di Sukamakmur

Bogordaily.net–  Ribuan warga antusias menyaksikan karbit atau Pesta Raykat di Kecamatan , Kabupaten Bogor, Kamis, 4 Mei 2023.

Kegiatan Pesta Rakyat yang dilaksanakan di Desa ini diadakan di perbatasan Tanjungsari.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net, terlihat ribuan warga berbondong-bondong mendatangi lokasi diseleggarakanya pesta rakyat tersebut.

Dengan membawa sanak keluarganya, para warga sangat antusias menyaksikan di .

Dentuman keras dari meriam kuluwung tak membuat warga takut. Justru warga antusias dan bersemangat untuk menyaksikan perhelatan tersebut.

Baca Juga: Festival Kuluwung di Sukamakmur, Wisata Budaya Sejak Zaman Penjajahan

Salah satu tokoh masyarakat Desa , Dedi mengatakan keramaian sudah terjadi sejak hari kemarin dan menuritnya puncak keramaian terjadi hari ini.

Festival Kuluwung Sukamakmur

“Sudah ramai dari abis lebaran kemarin, dan sekarang memang puncaknya, jadi ada adu meriam kuluwung,” kata Dedi kepada Bogordaily.net, Kamis 4 Mei 2023.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang berdatangan baik itu warga sekitar maupun masyarakat dari luar Bogor yang sengaja untuk melihat .

“Banyak masyarakat yang dateng mulai dari antar desa, kecamatan, bahkan ada juga yang dari luar kota, kaya Cirebon dan Indramayu sengaja dateng ke sini,” jelasnya.

Ia menambahkan, diperkirakan puncak keramaian akan terjadi sore hari ini dan Ia memperkirakan akan terjadi kemacetan panjang di sekitar wilayah Kecamatan .

“Kalau pastinya ini acara bisa sampai malem karena ini kan terakhiran, dan yang pasti semakin sore semakin ramai yang dateng juga, dan pasti macet di jalanya,” ujar Dedi.

Salah satu warga sekitar, Marni yang turut menyaksikan keseruan adu meriam kuluwung mengatakan, sengaja melihat bersama keluarga, untuk sama-sama menyaksikan perhelatan setahun sekali tersebut.

“Sengaja dateng ke sini emang pengen liat sama keluarga, seru si, cuman ngeri juga kalo deket takut meledak, kita jauh ajah udah ngeri denger ledakanya, nonton dari sini aja,” ujarnya kepda Bogordaily.net.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here