Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorRibuan Warga Padati Festival Kuluwung, Pasar Sukamakmur Macet

Ribuan Warga Padati Festival Kuluwung, Pasar Sukamakmur Macet

Bogordaily.net – Ribuan warga antusias datang ke dan menyebabkan kemacetan tak terhindarkan di sekitar , Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, pada Kamis sore 4 Mei 2023.

Pantauan Bogordaily.net di lokasi, terlihat lalu lintas di sekitar padat dan tidak bergerak akibat membludaknya warga yang mendatangi .

Kemacetan tersebut terjadi menuju arah puncak II maupun ke arah Kecamatan Jonggol dam diperkirakan akan terjadi hingga malam hari.

Sementara itu, masyarakat masih tetap antuasias hingga sore hari untuk menyaksikan karbit, dengan melihat atraksi tembakan dan berbagai dentuman keras dari kuluwung.

Salah Satu Tokoh masyarakat Desa Sukamakmur, Dedi mengatakan keramaian sudah terjadi sejak hari kemarin dan menurutnya puncak keramaian terjadi hari ini.

“Sudah ramai dari abis lebaran kemarin, dan sekarang memang puncaknya, jadi ada adu kuluwung,” kata Dedi kepada Bogordaily.net, Kamis, 4 Mei 2023.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang berdatangan baik itu warga sekitar maupun masyarakat dari luar Bogor yang sengaja untuk melihat Festival Kuluwung.

“Banyak masyarakat yang dateng mulai dari antar desa, kecamatan, bahkan ada juga yang dari luar kota, kaya Cirebon dan Indramayu sengaja dateng kesini,” jelasnya.

Ia menambahkan, diperkirakan puncak keramaian akan terjadi sore hari ini dan Ia memperkirakan akan terjadi kemacetan panjang di sekitar wilayah Kecamatan Sukamakmur.

“Kalau pastinya si ini acara bisa sampai malem karena ini kan terakhiran, dan yang pasti semakin sore semakin ramai yang dateng juga, dan pasti macet di jalanya,” ujar Dedi.

Diamankan Petugas

Mengantisipasi terjadinya keributan saat (Festival Kuluwung) di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Satuan Samapta Polres melakukan pengamanan di lokasi.

Kasat Samapta Polres Bogor Iptu Yogi Nugraha mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan untuk mengantisipasi adanya keributan antar masing masing desa saat berlangsungnya tersebut.

Polisi amankan Festival Kuluwung Sukamakmur
Satuan Samapta Polres melakukan pengamanan di lokasi , Kabupaten Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

ini mengundang masing masing antar desa. Demi melancarkan kegiatan ini, kami melaksanakan pengamanan yang bertujuan agar tidak ada keributan antara kedua desa ini,” kata Iptu Yogi, dalam keteranganya, Kamis 4 Mei 2023.

Pihaknya mengantisipasi gangguan antar warga desa, agar Festival Kuluwung berjalan dengan aman dan lancar.

“Maka dari itu antisipasi adanya gangguan kamtibmas atau keributan antara Desa Sukamakmur dan Desa Sukamulya kami melaksanakan pengamanan yang bertujuan agar pelaksanaan kegiatan Festival Kuluwung berjalan dengan lancar bagi masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga turut memberikan araha kepada warga agar dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif di lokasi.(Albin Pandita)

Baca juga : Ribuan Warga Antusias Saksikan Festival Kuluwung di Sukamakmur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here