Thursday, 25 April 2024
HomePolitikRizal Ramli Sebut Sistem Pilpres 2024 Harus Diubah

Rizal Ramli Sebut Sistem Pilpres 2024 Harus Diubah

Bogordaily.net–  Tokoh nasional menilai telah diatur. Mulai dari siapa jagoannya hingga siapa wakilnya. Ekonom senior itu menyebut dana telah sudah disiapkan oleh taipan-taipan alias oligarki.

“Didukung oleh perusahaan-perusahaan survey yang kalau kita menyebutnya perusahaan ‘sure-pay'. Asal kita bayar pasti ratingnya naik yang keluar ya kan, media berbayar, dan sebagainya,” kata dikutip dari Konfrontasi.com melalui YouTube AhlanQTV.

Pria yang disapa RR ini akan memompa calon yang digadang-gadang dan uangnya dan ratingnya juga sudah disiapkan, seperti tahun 2019.

Baca Juga: Rizal Ramli Soal Perubahan: Bisa Dilakukan di Luar, Apalagi dalam Sistem 

“Jangan bermimpi membawa itu akan menghasilkan pemimpin terbaik. Tetapi yang penting itu kita ubah sistemnya,” tegasnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri ini kemudian menyoroti sistem yang berlaku di DPR RI saat ini. Menurutnya anggota DPR sudah dibuat untuk tidak kritis. Kalau pun tidak bisa kritis, maka ia menyebutnya telah dibungkam.

Padahal, pada era Presiden BJ Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid, RR menilai DPR dikenal kritis dan lebih berani dibanding saat ini.

“Makanya isu apapun yang menyangkut rakyat, anggota DPR ini nyaris tidak berbuat apa-apa,” paparnya.

Di sisi lain, menurut para kiai NU, tetap didesak kalangan rakyat untuk pimpin perubahan karena NKRI dikhawatirkan terjadinya kehancuran ekonomi.

juga dianggap menjadi satu satunya Ekonom Senior harapan masyarakat untuk wujudkan cita-cita Proklamasi 1945 dan mengatasi krisis Jokowi yang diwariskan ke pemerintah berikutnya.

”RR adalah mantan penasehat ahli di PBB New York dan mantan penasehat ekonomi ABRI. adalah sahabat para pemimpin AS, Uni Eropa, Jepang dan Barat, RR itu aset bangsa,” kata para kiai tersebut. (Gibran/***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here