Sunday, 6 October 2024
HomeTravellingSitu Gedong Cibinong, Salah Satu Danau Peninggalan Zaman Belanda

Situ Gedong Cibinong, Salah Satu Danau Peninggalan Zaman Belanda

Bogordaily.net–  Situ gedong Cibinong merupakan salah satu danau yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.  Lokasinya di Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Warga setempat memberi nama situ ini dengan sebutan nama Situ Bekang. Sebab lokasi situ berada dekat di kawasan Bekang Kostrad TNI AD. Dan Situ atau danau ini diyakini warga sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Salah satu warga sekitar Asep mengatakan, Situ tersebut sudah ada sejak lama lebih tepatnya saat jaman kolonial Belanda.

“Memang Situ Ini udah lama katanya peninggalan jaman Belanda,” kata Asep kepada Bogordaily.net.

Ia mengatakan, asal nama ‘gedong’ yang dipakai sebagai nama situ atau danau ini berasal dari sepasang batu.

“Disebut Situ Gedong karena ada pasangan batu di situ. Karena zaman dulu kan setiap ada pasangan batu disebut gedong,” jelasnya.

Ia menambahkan, menurut informasi pemerintah kolonial Belanda dulu juga turut membangun bangunan di area danau ini. Namun, bangunan tersebut sudah lama dibongkar.

Berdasarkan laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), lipi.go.id, danau buatan ini memiliki volume daya tampung normal 145.000 m³ dengan luas 7246 ha yang dapat dikelilingi dengan jarak tempuh sejauh 3 km.

Pada bagian depan dan samping dari situ ini, pemerintah setempat membangun dinding pinggiran situ atau lebih dikenal dengan istilah ‘dam.’

Pada ‘dam’ tersebut terdapat pipa-pipa yang terhubung ke luar area situ dengan fungsi jika sewaktu-waktu debit air meningkat, air dapat dikeluarkan melalui pipa tersebut.

Situ ini berlokasi di Jalan Komplek Bekang yang menyambung dengan Jalan TPU Cirimekar.

Danau atau situ ini bisa ditemukan dengan masuk dari arah Jalan Raya Jakarta – Bogor atau dari Jalan Mayor Oking.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here