Monday, 29 April 2024
HomeNasionalTips Cegah Infertilitas pada Pria, Tangani Segera di RS Murni Teguh Sudirman 

Tips Cegah Infertilitas pada Pria, Tangani Segera di RS Murni Teguh Sudirman 

Bogordaily.net – Berikut tips cegah pada dari Dokter Spesialis Andrologi Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta dr. Androniko Setiawan Sp. And.

Ia menyebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh untuk mempertahankan kualitas spermanya agar kesuburan tetap meningkat.

Dirinya mengatakan, untuk meminimalisir resiko terjadinya pada , pencegahan yang paling umum dilakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

“Olahraga yang rutin kurang lebih 30 menit setiap harinya akan membantu mencegah terjadinya infertilitas pada ,” ungkap dr. Androniko Setiawan Sp. And.

Lebih lanjut, kata dia, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok atau rokok elektrik (Vape) serta, mengkonsumsi alkohol.

Baca juga : Cek Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 16 Mei 2023

“Asap rokok sendiri mengandung berbagai zat kimia yang dapat merusak sperma dan menyebabkan masalah kesuburan,” ujar dia.

“Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma,” lanjutnya kepada Bogordaily.net.

Tips mencegah infertilitas pada berikutnya, menutur dia yakni, mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti, sayur dan buah-buahan.

“Beberapa jenis sayuran diantaranya seperti bayam, brokoli serta sayuran hijau lainnya. Sedangan buah-buahan seperti jambu, pepaya, kiwi, atau stroberi,” jelasnya.

Pengertian Infertilitas pada

Menurutnya, infertilitas pada pria sendiri merupakan gangguan yang menyebabkan pasangan sulit untuk mencapai kehamilan.

“Infertilitas itu ketidakmampuan mencapai kehamilan setelah melakukan hubungan seksual, secara rutin kurang lebih 2-3 kali per minggu dan tanpa menggunakan kontrasepsi,” kata dia.

Disamping itu, pilihan pengobatan untuk mengatasi infertilitas tergantung pada penyebab yang mendasari terjadinya ketidaksuburan.

Oleh karenanya, dr. Androniko Setiawan Sp. And menyarankan untuk melakukan pemeriksaan analisa sperma agar mengetahui kualitas sperma tersebut.

Pemeriksaan sperma itu sendiri hanya dapat dilakukan di laboratorium andrologi. Anda sendiri bisa menanganinya bersama dokter spesialis andrologi Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta.

“Dengan melakukan konsultasi bersama kita, pasien dapat mengetahui bagaimana penanganan dari hasil kualitas sperma tersebut,” imbuhnya memberikan keterangan.

Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta terletak di pusat ibukota Jakarta yang berada di kawasan Sahid City, Jalan Jendral Sudirman No.86, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi nomor telepon 0215-785-3911 atau 0215-785-3922.

Rumah Sakit ini juga menyediakan layanan informasi di platform WhatsApp dengan nomor 0811-158-9911. Anda bisa menghubungi nomor tersebut sebagai alternatif lain.

Untuk mengetahui informasi lainnya, Anda bisa langsung cek media sosial Instagram @murniteguhsudirmanjakarta. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here