Tuesday, 16 July 2024
HomeSelamat Pagi Indonesia RayaTransformasi BUMN Menuju Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Transformasi BUMN Menuju Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Hari ini, saya ingin berbicara tentang hal yang sangat penting bagi kemajuan ekonomi Indonesia, yaitu transformasi Badan Usaha Milik Negara ().

Transformasi BUMN memiliki peran yang tak ternilai dalam mewujudkan kebangkitan ekonomi yang baru bagi negara kita.

Transformasi, dalam arti yang sebenarnya, adalah perubahan yang meliputi segala aspek, baik itu bentuk, sifat, maupun fungsi, dengan cara menambah, mengurangi, atau merombak unsur-unsurnya.

Sedangkan, eternitas mengandung arti kelanggengan atau keabadian.

Oleh karena itu, transformasi yang sejati adalah transformasi yang selalu kembali kepada esensi yang diamanatkan dalam konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

Saya percaya bahwa kelanggengan adalah kelanggengan negara.

Melalui , negara menjalankan tugas konstitusionalnya untuk mengelola sektor-sektor produksi yang strategis dan berhubungan dengan kesejahteraan banyak orang.

bukan hanya menjadi benteng, tetapi juga lokomotif perekonomian nasional.

Strategi transformasi yang abadi harus mampu mengubah menjadi pelaku bisnis kelas dunia, yang memiliki kekuatan, jangkauan bisnis, dan pengelolaan yang melampaui batas-batas negara Indonesia.

Hal ini menjadi bagian penting dalam mengamankan dan memperluas kepentingan nasional di era globalisasi.

Sebagai Menteri, saya menyadari bahwa kebijakan yang kita terapkan harus melampaui batas-batas globalisasi, mengedepankan konsep globalisasi versi Indonesia.

memiliki peran yang sangat penting dalam transformasi ini. Sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia, infrastruktur bisnis, dan portofolio usaha yang telah ada selama puluhan bahkan ratusan tahun harus mampu berintegrasi dengan globalisasi dunia.

Dalam konteks ini, pertanyaan penting yang muncul adalah, apa strategi dalam menempatkan kepentingan Indonesia di tengah arus globalisasi?

Inilah yang saya sebut sebagai eternitas transformasi BUMN.

Transformasi harus terus berlanjut, karena dinamika perubahan dan tantangan akan terus ada.

Transformasi harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan kita menuju kelanggengan.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Universitas Brawijaya, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, atas penghargaan Doktor Honoris Causa yang saya terima.

Saya menganggap penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus bergerak maju dan memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan Indonesia.

Kolaborasi adalah kunci. BUMN tidak bisa menjadi menara gading tanpa dukungan sektor swasta, UMKM, dan masyarakat secara keseluruhan.

Kita perlu bekerja sama untuk mencapai visi transformasi yang kita inginkan.

Saya juga ingin mengungkapkan terima kasih kepada tim di Kementerian BUMN dan seluruh insan BUMN atas kerja keras mereka dalam mencapai pencapaian positif yang telah kita raih.

Kinerja BUMN yang baik dan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi mereka.

Saya juga ingin menekankan pentingnya peran BUMN dalam membantu negara dan masyarakat dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Pimpinan BUMN dalam masa sulit ini telah membuktikan komitmen mereka untuk melayani negara dan rakyat.

Saya juga ingin menyampaikan bahwa pendidikan adalah salah satu fokus utama program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.

Saya sangat mendukung sektor pendidikan dan berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan, membangun sarana dan prasarana yang memadai, memberikan beasiswa, dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Tidak hanya itu, BUMN juga berkomitmen untuk memajukan perempuan dan generasi muda.

Ini tercermin dalam komposisi manajemen yang inklusif dan kehadiran perempuan di BUMN.

Saya bangga dapat mewakili Indonesia di panggung internasional dan menjunjung tinggi nilai-nilai negara kita.

Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Saya menyadari bahwa gelar ini membawa tanggung jawab besar, namun saya yakin bahwa ini adalah sebuah cerita yang berharga bagi generasi muda Indonesia di masa depan. Setiap tugas adalah amanah dari Allah SWT.

Seperti kata-kata ibu saya, laksanakanlah tugas dengan sebaik-baiknya, terimalah setiap kesulitan sebagai anugerah.

Saya tidak akan lari dari tantangan, karena saya percaya bahwa setiap kesulitan adalah cara Allah SWT mengajari saya.

Terima kasih dan semoga Indonesia terus maju dan berjaya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here