Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaWaspada, Gelombang Tinggi Akan Terjadi di Perairan Indonesia

Waspada, Gelombang Tinggi Akan Terjadi di Perairan Indonesia

Bogordaily.net () memprediksi akan adanya tinggi berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan Indonesia dari hari ini30-31 Mei 2023.

Menurut pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan tinggi, Selasa 30 Mei 2023.

”Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di perairan dan pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi tinggi agar selalu waspada,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo seperti dilansir dari Antara.

Dia mengatakan, pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan tinggi.

Lanjutnya, Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

”Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Kai, perairan Kepulauan Aru, Laut Banda, dan Laut Arafuru,” ujar Eko Prasetyo.

Baca juga : Rahasia Merawat Mitsubishi L300 untuk Keandalan Kendaraan Niaga

Situasi itu menyebabkan peningkatan setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Laut Jawa bagian barat, Laut Jawa bagian tengah, Laut Jawa bagian timur, perairan Kotabaru, perairan Kepulauan Selayar, Selat Makassar bagian selatan, Selat Makassar bagian tengah.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara, Selat Karimata bagian selatan, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, perairan Kupang-Pulau Rote, Laut Flores, perairan selatan Ambon, Laut Maluku, Laut Seram, dan perairan barat Kepulauan Halmahera.

Sedangkan, pada yang lebih tinggi di kisaran 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Laut Banda, dan Laut Arafuru.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here