Wednesday, 1 May 2024
HomeKota BogorAntusiasme Pasutri Ikut Prenatal Yoga Couple di RS Azra Bogor

Antusiasme Pasutri Ikut Prenatal Yoga Couple di RS Azra Bogor

Bogordaily.net – Sebanyak 10 pasangan suami istri (pasutri) dengan jumlah total 20 peserta antusias mengikuti Prenatal Couple dan Edukasi ‘Peran Ayah dalam Proses Menyusui' di Rumah Sakit (RS) Azra Bogor, di ruang Training Center, Sabtu 17 Juni 2023.

Pada Prenatal couple kali ini, Rs Azra turut mengundang Bidan Renny Cahyati,A.M.Keb, sebagai instruktur .

Tak hanya itum Ada pula Bidan Yulita Dian Lestari,A.M.Keb sebagai narasumber yang dimoderatori oleh Natasya Andini.AMK selaku PKRS RS Azra yang melakukan edukasi.

Bidan Renny Cahyati,A.M.Keb menjelaskan Prenatal Couple adalah senam hamil yang dilakukan secara berpasangan, bersama dengan suami.

Adapun informasi yang disampaikan oleh bidan reni, kehamilan di bagi menjadi 3 yaitu, Trimester pertama (0-13 minggu masa kehamilan), Trimester kedua (14-28 minggu masa kehamilan) dan Trimester ketiga(29-40 minggu masa kehamilan). Untuk prenatal couple ini bisa dilakukan ketika mulai trimester 2.

Tujuan dan Manfaat Prenatal Couple

Adapun tujuan untuk ibu hamil yang dilakukan secara berpasangan, utamanya dengan suami untuk memberikan dukungan selama kehamilan dan persalinan.

“Ibu dapat menikmati proses kehamilan dan mempersiapkan diri untuk setiap proses persalinan, baik persalinan normal ataupun persalinan sc,” ujar Bidan Renny Cahyati,A.M.Keb.

Baca juga : Bantu Seksama, yuk Donor Darah di RS Azra Bogor!

Setelah selesai melakukan prenatal couple, peserta dikumpulkan kembali untuk mendapatkan edukasi dari bidan Yulita.

Menurutnya, dari 2 bayi indonesia yang berusia dibawah 6 bulan, hanya 1 bayi yang menerima ASI eksklusif (Laporan lembaga kesehatan dunia WHO 3 agustus 2020).

Tujuan diadakan edukasi ini adalah memberikan pengetahuan kepada para calon ayah, untuk sadar akan kesehatan mental ibu dan membuat ibu menyusui menjadi happy.

Dalam edukasinya bidan Yulita juga menyampaikan, beberapa poin penting mulai dari Manfaat ASI bagi bayi dan ibu, cara pijat oksitosin, peran dan tugas ayah selama proses ibu menyusui.

Acara berjalan dengan sukses hal tesebut bisa dilihat dari tingginya antusiasme peserta yang datang dan bertanya pada edukasi ini.

RS Azra sebagai salah satu fasilitas kesehatan, tidak hanya memberikan pelayanan kuratif, namun juga pelayanan promotif, preventif, dan kuratif.

Sebagai salah satu program PKRS Azra. RS Azra senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan pemberian edukasi preventif kepada masyarakat Kota Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here