Friday, 3 May 2024
HomeNasionalArti Endemi dan Pandemi, Status pada Masa Covid-19

Arti Endemi dan Pandemi, Status pada Masa Covid-19

Bogordaily.net dan pandemi, status pada Masa Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan status terbaru terkait Covid-19. Setelah tiga tahun berstatus pandemi, pemerintah kini mengubah menjadi . Berikut dan pandemi?

“Setelah tiga tahun kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa ,” kata Presiden Jokowi melalui kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian Covid-19 mendekati nihil. Hasil survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19.

“Walaupun demikian saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih,” ujar Jokowi.

Dengan keputusan ini kata Jokowi, pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Arti dan Pandemi

Berdasarkan laman Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, arti adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

merupakan kemunculan penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada pada suatu populasi dalam suatu area geografis tertentu. Contoh penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Baca Juga: Arti Roleplay atau RP yang Viral di TikTok

Peningkatan angka penyakit di atas normal yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada populasi suatu di area geografis tertentu.

Penyakit yang pernah menjadi epidemi di antaranya virus Ebola di Republik Demokratik Kongo pada 2019, Avian Influenza/flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) di 2003.

Sedangkan arti pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana. Meliputi daerah geografis yang luas atau lingkup seluruh negara atau benua. Biasanya mengenai banyak orang. Contoh penyakit yang menjadi pandemi yakni Covid- 19.

Demikian penjelasan tentang arti dan pandemi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here