Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorBaznas Kota Bogor Bekali UPZ Kelurahan dengan Kegiatan Bimtek

Baznas Kota Bogor Bekali UPZ Kelurahan dengan Kegiatan Bimtek

Bogordaily.net – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan bimbingan teknis () (UPZ) tingkat Kelurahan se-, di aula PPIB , Kamis, 15 Juni 2023.

Wakil Ketua I BAZNAS Subhan Murtadla, S.Ag, M.E mengatakan, kegiatan Pembinaan UPZ dalam rangka untuk pelaksanaan bimbingan teknis () Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) dan Startegi Pengumpulan dana Infaq di Masyarakat yang belum tersentuh oleh BAZNAS.

Setelah pembinaan ini, diharapkan UPZ Kelurahan dapat membantu turut serta menjaring potensi infaq dari kalangan pelaku usaha dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan berkordinasi dengan BAZNAS .

Baca juga : Staycation Seru Bersama Keluarga di Swiss-Belcourt Bogor

Untuk itu, diperlukan pembinaan kepada para UPZ pada tingkat kelurahan terkait mekanisme perencanaan, dan pelaporan, karena UPZ adalah lembaga yang dibentuk secara resmi oleh Baznas , UPZ merupakan amil yang bertugas sebagai penghubung antara muzaki serta donatur dan mustahik yang belum tersentuh oleh BAZNAS Kota Bogor.

ini, fokus pada pemahaman terhadap aturan aturan dalam menjalankan tugasnya, tiga pakem yang harus menjadi parameter dalam menjalankan tugasnya, pertama aman regulasi, kedua aman syar'i dan ketiga aman NKRI.

Tugas Utama UPZ

Baca juga : Bosowa Bina Insani School Hadir di Podcast Bincang Bogordaily

Selain itu, ada tugas utama yang harus dilaksanakan oleh UPZ, pertama Pengumpulan dan Penghimpunan Zakat, Infak, sodakoh (ZIS) dan Dana Kemanusiaan, Sosial Lainnya (DKSL).

Kedua, tepat sasaran sesuai dengan 8 asnaf, dalam Pendistribusian dan Pendayagunaan.
Ketiga, tertib dalam administrasi dan pelaporan secara periodik.

Subhan Murtadla, S.Ag, M.E wakil ketua I BAZNAS Kota Bogor berharap, dengan kegiatan ini menambah inovasi dan kreatifitas serta dapat membangun kolaborasi program dengan pihak-pihak lainnya. Sebagai daya dukung optimalisasi ZIS dan DKSL pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here