Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorBersama Dubes Korsel, Iwan Revitalisasi Eks TPA Pondok Rajeg Jadi Hutan Kota

Bersama Dubes Korsel, Iwan Revitalisasi Eks TPA Pondok Rajeg Jadi Hutan Kota

Bogordaily.net – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Duta Besar Korea Selatan dan Yayasan Korindo melakukan penanaman pohon di (TPA) Pondok Rajeg Cibinong seluas 7 hektar, Kamis, 15 Juni 2023.

Ia menargetkan membangun satu setiap tahunnya, untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Kabupaten Bogor.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, Pondok Rajeg Kabupaten Bogor memiliki peran dan fungsi yang strategis di lingkup regional Jabodetabek sebagai sumber resapan air. Oleh karena itu pihaknya menargetkan untuk membangun satu setiap tahunnya.

“Kami berupaya membangun banyak , untuk menjaga keseimbangan ekosistem, menghasilkan udara yang bersih, menjaga ketersediaan air tanah, mengurangi resiko banjir sekaligus menciptakan keteduhan keindahan dan tempat rekreasi bagi masyarakat,” kata Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan juga menyatakan terimakasih dan apresiasi kepada Korindo Group yang telah konsisten berkontribusi mendukung pembangunan daerah Kabupaten Bogor, melalui Corporate Social Responsibility atau CSR.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua perusahaan yang telah melaksanakan program CSR di Kabupaten Bogor. Besar harapan kami ke depan Yayasan Korindo dapat terus mendukung program pembangunan lainnya di Kabupaten Bogor misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, infrastruktur, pengembangan ekonomi, pembangunan olahraga dan lainnya,” jelasnya.

Baca juga : KemenKopUKM Rayakan Hari UMKM Nasional 2023 di Surakarta

Sementara itu, Duta Besar Korea Selatan, Lee Song Deok menuturkan, PBB menyadari pentingnya penanaman pohon dan pembangunan hutan sebagai cara efektif dan cepat untuk mengatasi krisis perubahan iklim.

“Lokasi ini dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Akan tetapi perusahaan, Pemkab Bogor, dan masyarakat setempat berusaha dan berupaya dalam merestorasi lokasi yang dulunya terbengkalai ini menjadi hutan. Ini merupakan contoh bahwa dengan upaya bersama, kita dapat memulihkan lingkungan hidup disekitar kita,” ujar Lee Song Deok.

Sekedar informasi, sejak akhir April, Kemenlu Korea Selatan telah mengkampanyekan penanaman pohon virtual di dunia metaverse.

Kemudian terhubung dengan penanaman pohon secara nyata untuk menarik perhatian dan rasa solidaritas masyarakat dunia terhadap krisis iklim yang menjadi tantangan global salah satunya seperti yang dilakukan di (TPA) Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here