Friday, 14 June 2024
HomeNasionalCara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Dijamin Awet

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Dijamin Awet

Bogordaily.net  menyimpan di kulkas bisa kamu lakukan terutama pada momen Idul Adha 2023. akan bertahan lama jika melakukan menyimpan di kulkas dengan benar. Berikut menyimpan di kulkas agar bisa tahan lama.

Cuci Tangan

Melansir laman Halodoc, kuman-kuman dan mikroba penyebab penyakit atau patogen bisa pindah dan berkembang biak dengan mudah di daging. Oleh karena itu cuci tangan sebelum memegang daging segar, sebelum diletakkan di tempat penyimpanan.

Hindari meletakkan daging di tempat kotor, seperti di wadah kotor apalagi di tanah. Apabila daging sudah terkontaminasi, mereka akan berkembang biak hingga membusuk dalam waktu singkat.

Baca Juga: Resep Sate Kambing dengan Bumbu Meresap, Menu Enak Idul Adha

Simpan Tanpa Dicuci

Jika kamu mendapatkan dalam keadaan kotor, sebaiknya segera cuci bersih dan masak. Namun jika kamu menerima daging dalam kondisi bersih, kamu dapat menyimpan di kulkas tanpa dicuci terlebih. Nah, saat akan mengolah untuk dimasak, daging yang disimpan harus dicuci terlebih dulu.

Marinasi Daging  

Memarinasi atau membumbui sebelum disimpan di dalam freezer juga bisa kamu lakukan agar daging tahan lama saat disimpan. Kamu bisa menggunakan bumbu seperti kunyit, garam, gula, dan bawang. Sebab bumbu tersebut mengandung zat antibakteri alami yang mampu membunuh bakteri pada aging.

Simpan di Wadah Tertutup

Biasanya daging mentah tanpa pengawet bertahan selama tiga hari di kulkas. Oleh karena itu simpan daging dalam pembungkus atau wadah kedap udara. Jangan lupa memberi label tanggal sebelum disimpan di freezer.

Jangan Bekukan Lagi Daging  

Setelah daging dikeluarkan dari kulkas, melansir NHS, maka harus langsung diolah agar tidak ada sisa yang harus dibekukan lagi. Membekukan daging mentah yang sudah dicairkan justru akan membuat kualitas daging menurun. Selain itu, daging juga menjadi cepat busuk.

Demikian menyimpan di kulkas agar lebih awet atau tahan lama.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here