Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalGaji ke 13 PNS Kapan Cair? Cek Info Lengkap di Sini

Gaji ke 13 PNS Kapan Cair? Cek Info Lengkap di Sini

Bogordaily.net–  Gaji ke 13 kapan cair? akan mendapat gaji ke 13 dan dijadwalkan bulan Juni 2023 ini. Lalu kapan tepatnya gaji ke 13 cair?

Gaji 13 adalah gaji tambahan dan ASN sebagai bonus. Setiap tahun periode pemberiannya bisa berbeda-beda.

Untuk tanggal yang bisa dibagikan terkait pencairan gaji 13 yakni 5 Juni 2023 mendatang, demikian dilansir dari Suara.com.

Tak hanya itu, pensiunan juga akan mendapatkan bonus ini disamping apa yang diperoleh setiap bulan.

Namun, terkait tanggal pasti pencairannya dapat dicek pada masing-masing dinas atau lembaga tempat bekerja.

Tanggal ini hanya menjadi acuan utama. Sebab pengelolaan dana yang dimiliki masing-masing dinas bisa berbeda tergantung kebijakan instansi masing-masing.

Meski demikian secara umum, gaji 13 diberikan pada tanggal 5 Juni 2023.

Besaran gaji ke 13 beragam. Namun acuan yang digunakan adalah Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2023, yang menyebutkan komponen gaji ke 13 bervariasi tergantung dengan sumber anggaran yang digunakannya.

Bagi yang sumber gajinya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN, maka komponen gaji ke 13 yang diterima adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan 50 persen dari tunjangan kinerja yang disesuaikan dengan pangkat dan kelas jabatan.

Kemudian yang gajinya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), komponen dari gaji ke 13 yang diterima yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, serta tambahan penghasilan yang diterima dalam satu bulan dengan batasan paling banyak 50 persen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here