Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalGempa M 6,4 Guncang Bantul Yogyakarta

Gempa M 6,4 Guncang Bantul Yogyakarta

Bogordaily.net  M 6,4 menggucang , Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat, 30 Juni 2023 malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya menyebut bumi terjadi pukul 19.57 WIB tepatnya di 8,63 lintang selatan (LS) dan 110,08 bujur timur.

6,4 magnitudo di kedalaman 25 km. Pusat berada di Laut 86 Km Barat Daya ,” tulis BMKG, Jumat, 30 Juni 2023.

BMKG juga memastikan tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Sementara itu Bantul, DIY juga dirasakan di sejumlah daerah. Di antaranya Surakarta, Sukoharjo, Banyumas, Semarang, Klaten, Blora, hingga Jember.

Penjelasan BMKG

bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Bantul, Yogyakarta menurut BMKG menyebut masuk kategori gempabumi menengah.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi dengan magnitudo 6,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,63 LS, 110,08 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 KM arah Selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 67 KM.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Daryono melalui keterangan tertulisnya.

Tak hanya di Bantul, BMKG juga mencatat terasa di sejumlah daerah. Di antaranya misalnya di daerah Kulonprogo, Bantul, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Kediri hingga Mojokerto.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here